Dark/Light Mode

Raih Anugerah Parahita Ekapraya

Menteri Siti Dukung Kesetaraan Gender Dalam Pengelolaan Alam

Selasa, 13 Oktober 2020 07:54 WIB
Menteri LHK Siti  Nurbaya Bakar saat memberikan penghargaan pemenang  lomba  Pengarusutamaan Gender (PUG) antar  eselon  I  di lingkung KLHK. (Foto: Kemen KLHK)
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar saat memberikan penghargaan pemenang lomba Pengarusutamaan Gender (PUG) antar eselon I di lingkung KLHK. (Foto: Kemen KLHK)

 Sebelumnya 
Lalu, diterbitkannya Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam Pembangunan Nasional, menggeliatkan upaya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka mendorong terwujudnya keadilan dan kesetaraan gender.

Upaya tersebut, mencakup be berapa kegiatan, seperti sosiali sasi PUG, advokasi kepada para pengambil kebijakan, pengembang an kelembagaan PUG, sampai pada bimbingan teknis untuk mengintegrasikan gender ke dalam siklus proses pembangunan.

Baca juga : Partai Gelora Dukung Delapan Calon Independen Di Pilkada 2020

Pemahaman mengenai PUG menjadi hal penting di setiap sektor pembangunan, termasuk bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Pembangunan sektor lingkungan hidup dan kehutanan sangat strategis dalam rangka mewujudkan pembangunan nasional adil gender.

Upaya mewujudkan pembangunan nasional adil gender di sektor lingkungan hidup dan kehutanan dapat dilakukan melalui strategi PUG maupun strategi afirmasi yang memberi kan perhatian kepada kelompok marginal yang tertinggal. mengingat masyarakat terdiri atas perempuan dan laki-laki sebagai pelaku utama pembangunan lingkungan dan kehutanan, maka sangat urgen memasukkan isu gender dan isu pemberdayaan perempuan dalam seluruh program pembangunan mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengendaliannya.

Baca juga : Menteri Bintang Pimpin Gerilya Cegah Klaster Dalam Keluarga

Pengarusutamaan Gender adalah strategi pembangunan yang diperlukan untuk memastikan lapisan masyarakat, baik lakilaki maupun perempuan dapat terlibat dalam proses pembangunan. Sebagai strategi pembangunan, Pengarusutamaan Gender menjadikan para stakeholders responsif terhadap ketimpangan gender yang terjadi dalam pembangunan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.