Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Wamendes PDTT: Desa Wisata Yang Dikelola BUMDes, Bakal Dongkrak Perekonomian

Minggu, 25 Oktober 2020 23:18 WIB
Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi (tengah) menyambangi sejumlah destinasi desa wisata di Provinsi Jawa Timur, mulai Sabtu (24/10). (Foto: Humas Kemendes PDTT)
Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi (tengah) menyambangi sejumlah destinasi desa wisata di Provinsi Jawa Timur, mulai Sabtu (24/10). (Foto: Humas Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi menyambangi sejumlah destinasi desa wisata di Provinsi Jawa Timur, mulai Sabtu (24/10).

Desa wisata yang dikunjungi yakni Lembah Mbencireng di Desa Kebontunggul, Kabupaten Mojokerto. Lalu, kunjungan ke Kabupaten Jombang, antara lain ke tempat wisata Bale Tani di Desa Banjaragung, wisata pemandian Pandansili di Desa Ngampungan dan wisata nuansa pedesaan Kampung Adat Segunung di Desa Carangwulung.

Dalam kunjungan ini, Wamen Budi Arie melakukan diskusi dan dialog kepada kepala desa, pegiat desa dan sejumlah warga desa terkait dengan destinasi wisata di desa, yang menjadi salah satu meningkatnya perekonomian masyarakat desa yang telah merosot akibat pandemi Covid-19.

Baca juga : Polisi Bakal Gandeng Preman

Wamen juga mengapresiasi para pemuda yang ada di desa, yang turut mendorong memajukan desa dengan berbagai inovasi yang kreatif dari para pemuda di desa.

"Para pemuda desa banyak yang membantu dalam pengelolaan BUMDes. Mereka telah membantu meningkatkan perekonomian dengan berbagai inovasi dari BUMDes. Salah satunya, melalui xesa wisata yang dikelola BUMDes," kata Wamen Budi Arie usai kunjungan ke sejumlah desa-desa wisata di Mojokerto dan Jombang, Sabtu (24/10).

BUMDes bisa menjadi tolak ukur dalam kemajuan desa. Bila suatu desa tidak memiliki BUMDes, berarti potensi pergerakan ekonominya tidak ada.

Baca juga : BUMN Butuh Dukungan Penuh Dari Pemerintah

"Jad i mari kita bersama-sama untuk menggenjot BUMDes agar maju. Karena BUMDes itu bergerak di semua bidang, bisa wisata bisa kuliner. Karena bumdes itu menjadi motor penggerak perekonomian desa," katanya.

Lebih lanjut, Wamen Budi Arie menilai bahwa desa-desa yang ada di Mojokerto dan Jombang memiliki potensi yang bisa terus dikembangkan. Apalagi, kekayaan alam dan budayanya yang terus dilestarikan, menjadi sebuah kekuatan dalam memberikan daya tarik terhadap wisata alam dan budaya.

"Kemajuan desa terletak pada kesungguhan warga desa itu sendiri untuk memajukan desanya. Selama warga desa berkeinginan untuk maju, saya yakin desa pasti akan menjadi maju dengan optimisme, semangat, kerjasama dan gotong royong warga desa," pungkas Wamen Budi Arie. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.