Dark/Light Mode

Jokowi Minta Menteri Segera Pikirkan Desain Ekonomi 2021

Senin, 2 November 2020 17:22 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Setkab)
Presiden Jokowi. (Foto: Setkab)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi memerintahkan para menteri mulai memikirkan desain perekonomian kuartal I-2021. Hal ini perlu dilakukan agar pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak stagnan.

"Begitu Bapak Ibu menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA), itu sudah bisa langgsung ada lelang," kata Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Merdeka, Senin (2/11)

Dengan begitu, kata dia, kementerian maupun lembaga sudah bisa menggunakan anggaran pada Januari. Terutama program yang berkaitan dengan bantuan sosial.

Baca juga : Jurnalis Berperan Penting Sebarkan Informasi Vaksinasi Covid-19

"Sehingga nantinya kita harapkan Januari, Februari, Maret, tidak stuck setelah kuartal keempat (2020) drop," ujar Jokowi.

Jokowi juga meminta belanja modal yang berkaitan dengan infrastruktur segera dimulai. Ini untuk mendorong investasi yang belum maksimal di kuartal III-2020.

"Baik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, dan kementerian lain bisa digiring untuk segera mulai, mulai," ujar Jokowi.

Baca juga : Bamsoet Minta ICMI Muda Sebarkan Semangat Nasionalisme

Dia mengingatkan, investasi di kuartal III-2020 masih minus di atas 5 persen. Sementara itu, ekonomi Indonesia kuartal III berada di angka -3 persen. Angka ini lebih baik dari dibandingkan kuartal II di angka -5,32 persen. [DIT]

 

 

Baca juga : Jokowi Lantik 12 Dubes, Ada Politisi PDIP Dan Golkar Hingga Komisaris Utama

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.