Dark/Light Mode

Percepat Pembentukan Ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik

Menteri ESDM Luncurkan SPBKLU

Selasa, 3 November 2020 16:30 WIB
Mitra pengemudi Grab mengeluarkan baterai kendaraan listrik di SPBKLU, Grab powered by Kymco di Kantor PLN UP3, Cikokol, Tangerang. [Foto: www.medcom.id]
Mitra pengemudi Grab mengeluarkan baterai kendaraan listrik di SPBKLU, Grab powered by Kymco di Kantor PLN UP3, Cikokol, Tangerang. [Foto: www.medcom.id]

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif resmi meluncurkan Operasional Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) secara virtual.

Peluncuran tersebut dilakukan di tiga lokasi, yaitu Kantor PLN Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cikokol Tangerang oleh Grab Indonesia dan Kymco, Alfamart Gandaria 3 di Jl. Jatayu, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan oleh Oyika, dan Kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Kuningan, Jakarta Selatan oleh Ezyfazt dan Oyika.

Pada peluncuran ini, Arifin berharap, SPBKLU dapat menjadi solusi percepatan terbentuknya ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. Dia juga menjelaskan, pengisian ulang baterai pada kendaraan bermotor listrik akan lebih cepat dilakukan dengan bantuan SPBKLU.

Baca juga : Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional, Kementan Dorong Agroeduwisata

Dalam momentum Hari Listrik Nasional ke-75, jelasnya, Kementerian ESDM juga meluncurkan operasional SPBKLU. Diharapkan, SPBKLU ini dapat menjadi salah satu solusi percepatan terbentuknya ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

“Melalui SPBKLU, pengisian ulang baterai dapat dilakukan dengan lebih cepat karena dukungan teknologi," terang Arifin, Selasa (3/11/2020).

Dia juga berharap, mekanisme SPBKLU dapat dikembangkan lebih luas sesuai dengan roadmap-nya. Sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Baca juga : BKPM Kawal Terus Investor Negeri Ginseng Sampai Jadi

Secara terpisah, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana menyebutkan, saat ini sudah tersedia sembilan titik lokasi SPBKLU. Rinciannya, enam Unit SPBKLU di Kota Jakarta Selatan, satu Unit SPBKLU di Kota Tangerang, dan dua Unit SPBKLU di Kota Tangerang Selatan.

"Sesuai roadmap SPBKLU, pada 2025 nanti ditargetkan tersedia 10.000 unit SPBKLU. Lalu pada 2030, akan dibangun 15.625 unit SPBKLU," ungkapnya.

Rida mengatakan, operasional SPBKLU ini merupakan komitmen Kementerian ESDM dalam mendukung program Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan, sesuai dengan Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019.

Baca juga : Menteri ESDM: Pemerintah Lakukan Prinsip 5K

Dalam melaksanakan salah satu ketentuan Perpres tersebut, jelasnya, Kementerian ESDM mengeluarkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 13 Tahun 2020 tentang Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik Untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. SPBKLU merupakan salah satu yang diatur dalam Peraturan Menteri ESDM tersebut. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.