Dewan Pers

Dark/Light Mode

Jokowi: Jadi Tuan Rumah Olimpiade, Bukan Untuk Gagah-gagahan

Rabu, 4 Nopember 2020 10:45 WIB
Jokowi: Jadi Tuan Rumah Olimpiade, Bukan Untuk Gagah-gagahan

RM.id  Rakyat Merdeka - Kesuksesan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games maupun Asian Para Games di 2018, telah mendongkrak rasa percaya diri. Sekaligus membuka mata dunia, bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah yang baik dalam perhelatan internasional.

Kesuksesan tersebut memicu Indonesia untuk mencalonkan diri menjadi tuan rumah ajang yang lebih besar, yaitu Olimpiade Tahun 2032.

Hal ini disampaikan Jokowi, dalam Rapat Terbatas tentang Rencana Pencalonan Indonesia Menjadi Tuan Rumah Olimpiade Tahun 2032, yang disiarkan via YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (4/11).

Berita Terkait : Trump Atau Biden Dijadikan Taruhan

"Asian Games maupun Asian Paragames di 2018 telah sukses kita selenggarakan. Ini membuka rasa percaya diri, juga membuka mata dunia bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah yang baik dalam event internasional. Oleh sebab itu, pada tahun 2018, kita secara resmi telah mencalonkan untuk menjadi tuan rumah olimpiade di tahun 2032,” ujar Jokowi.

Ditegaskan, Indonesia menjadi tuan rumah olimpiade bukan untuk gagah-gagahan. Melainkan untuk meningkatkan citra dan martabat bangsa.

“Menjadi tuan rumah olimpiade, bukan sesuatu untuk gagah-gagahan. Melainkan salah satu cara untuk meningkatkan citra dan martabat bangsa,” tandas Jokowi.

Berita Terkait : Menpora : Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Ia pun meminta agar pencalonan ini dijadikan momentum untuk menata diri, serta memperbaiki berbagai hal yang selama ini masih kurang.

“Mulai dari penyiapan infrastruktur keolahragaan, hingga yang berkaitan dengan prestasi atlet, peningkatan visibilitas global sebagai kota penyelenggara, dan lain sebagainya,” papar Jokowi.

Untuk menjadi tuan rumah olimpiade 2032 ini, Indonesia harus bersaing sejumlah negara yaitu Australia, Jerman, Unifikasi Korea, Qatar, China, dan India. [HES]