Dark/Light Mode

Dirjen Perumahan Gencarkan Green Economy Di Rumah Susun

Sabtu, 5 Desember 2020 14:49 WIB
Dirjen Perumahan bangun ekonomi hijau di sejumlah rumah susun.
Dirjen Perumahan bangun ekonomi hijau di sejumlah rumah susun.

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktorat Jenderal Perumahan terus melakukan penghijauan dengan menanam pohon di sejumlah rumah susun (rusun) yang ada di Indonesia.

"Pemerintah akan menerapkan kebijakan green economy, untuk menunjang pemulihan ekonomi nasional. Hal tersebut untuk menekan dampak pandemi Covid-19," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat memberikan arahan pada kegiatan Penghijauan Pada Infrastruktur PUPR Yang Berkelanjutan di Jakarta, Sabtu (5/12).

Menteri PUPR menjelaskan, berdasarkan arahan Presiden Jokowi, pembangunan infrastruktur dan perumahan yang dilakukan sangat dibutuhkan untuk mengurangi angka pengangguran. 

Baca juga : Dukung Pertumbuhan UMKM, Lazada Gelar Garbolnas

Adanya program padat karya tunai di sektor pembangunan dan kerja sama Kementerian PUPR dengan berbagai organisasi, baik di pusat maupun balai-balai dengan organisasi masyarakat di tingkat desa akan membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

"Penanaman pohon memiliki nilai ekonomi tinggi untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan penghijauan juga dimonitor pecinta lingkungan, baik di Indonesia maupun di tingkat internasional. Semuanya ikut mempromosikan kebijakan green economy Indonesia," katanya.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid mengatakan, penanaman pohon ini diharapkan dapat menambah kenyamanan para penghuni rusun.

Baca juga : Kuartal 2 2021, Perumahan Modernland Cilejit Siap Ditempati

"Pembangunan infrastruktur dan perumahan diharapkan dapat membantu masyarakat, dalam melaksanakan kegiatannya sehari-hari," ujar Khalawi.

Khalawi menerangkan, kegiatan penanaman pohon tersebut dilaksanakan dalam rangka penghijauan infrastruktur PUPR yang berkelanjutan.

"Penanaman pohon ini tentunya akan membuat warga merasa lebih nyaman dan membuat udara lebih segar," terangnya.

Baca juga : Retno Dorong Pertumbuhan Ekonomi Yang Aman Di Tengah Pandemi

Pada kegiatan tersebut,  ditanam beberapa pohon buah-buahan, seperti pohon mangga, jeruk, alpukat, sawo, dan rambutan. [FIK]


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.