Dark/Light Mode

Jurus Mendes Agar Dana Desa Nggak Cuman Dinikmati Segelintir Elit

Jumat, 11 Desember 2020 11:32 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar dalam talkshow Mendorong Inklusifitas Pembangunan Desa Sebagai Kunci Implementasi SDGs Desa, Jumat (11/12). (Foto: Ist)
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar dalam talkshow Mendorong Inklusifitas Pembangunan Desa Sebagai Kunci Implementasi SDGs Desa, Jumat (11/12). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengakui selama ini dana desa masih dinikmati untuk segelintir elit di desa. Belum seluruh warga desa, terutama yang miskin, menikmatinya.

"Ke depan harus dirasakan manfaatnya oleh segenap warga desa tanpa kecuali atau biasa disebut Desa Surga," tegas Abdul Halim, dalam talkshow bertajuk Mendorong Inklusifitas Pembangunan Desa Sebagai Kunci Implementasi SDGs Desa, Jumat (11/12).

Gus Menteri, sapaan akrab Abdul Halim Iskandar menjelaskan, dana desa prinsipnya untuk dua hal. Yakni untuk kepentingan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Baca Juga : Asosiasi Petani Tebu Ajak Pemerintah Kembangin Bio Energi

Untuk mewujudkan hal tersebut, politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini merumuskan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa yang menjadi acuan pembangunan desa berkelanjutan. Konsep SDGs Desa ini berkaitan langsung dengan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan SDM.

SDGs Desa diatur lewat Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017. Tujuan utama SDGs di tingkat desa yang harus dicapai oleh seluruh desa di Indonesia adalah desa tanpa kemiskinan dan desa tanpa kelaparan.

"SDGs Desa dapat membantu mewujudkan cita-cita Presiden Joko Widodo agar dana desa bisa dirasakan oleh seluruh warga desa. Kontribusi SDGs Desa terhadap tujuan pembangunan nasional berkelanjutan sudah mencapai 74 persen," ungkapnya.

Baca Juga : Soal Mobil Listrik, Honda: Tunggu Timing-nya

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi kinerja Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar. "Gus Menteri ini kreatif. Punya gambaran jelas karena beliau wong ndeso. Membuat program dengan merasakan dan melihat. Jadi paham betul dengan situasi desa saat ini," pujinya.

Sejumlah pemikiran yang ada di Gus Menteri, tambah Ganjarz sangat baik dan harus diberikan dorongan. Salah satunya pemikiran program SDGs atau tujuan pembangunan berkelanjutan hingga ke level desa.

"Saya melihat berbagai aspek yang menjadi ide dari Gus Menteri. Ide-ide kreatif pada SDGs disediakan konsepnya dengan sangat baik. Sebagai gubernur tentunya saya membantu untuk mendorongnya," ungkap Ganjar. [KPJ]