Dark/Light Mode

Rayakan Nataru, Wisatawan Diimbau Tak Datang Ke Jabar

Senin, 21 Desember 2020 12:05 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengimbau wisatawan dari luar daerah tidak datang ke Jawa Barat untuk libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru). Hal ini untuk menekan penularan Covid-19.

"Sebaiknya wisatawan tidak datang ke Jabar tahun ini. Di rumah saja, Insyaallah tahun depan diperbolehkan, kami minta pengertian," kata Uu usai menjadi inspektur upacara Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2020 dalam rangka Pengamanan Natal dan Tahun Baru di Jalan Diponegoro Depan Gedung Sate Bandung di Bandung, dikutip Antara Senin (21/12).

Baca juga : Bentuk Satgas Nataru, Pertamina Siap Kawal Distribusi Energi

Namun, pihaknya tidak bisa dengan seenaknya mengembalikan para wisatawan dari luar kota yang sudah datang ke Jabar saat ini.

"Kami hanya minta pengertian saja. Kebersamaan antara aparat, pemerintah, dan masyarakat itu adalah kunci sukses menuju 'Jabar Juara Lahir dan Batin'," kata dia.

Baca juga : Tes Antigen Beri Rasa Aman Dan Nyaman Bagi Wisatawan Yogyakarta

Oleh karena itu, Wagub meminta wisatawan yang sudah terlanjur menuju Jabar untuk menyiapkan dan mematuhi protokol kesehatan. Salah satunya melakukan dan membawa hasil tes cepat Covid-19 antigen.

"Bagi wisatawan yang datang diimbau untuk mengadakan 'rapid test antigen dan patuhi prokes," kata dia.

Baca juga : Rizieq Shihab Akhirnya Datangi Polda Metro Jaya

Wagub mengatakan, saat ini setiap aparat sudah memantau tempat wisata yang kerap dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar Jabar.

Uu mengharapkan, tidak ada lagi pengelola tempat wisata yang melanggar aturan Pembatasan Sosial  Berskala Besar (PSBB)."Sehingga tidak akan lolos dari pantauan inspeksi di saat ada Tahun Baru dan Natal ini," kata dia.[FIK]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.