Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pahala Mansury, Bankir Yang Ditunjuk Jadi Wakil Menteri BUMN

Rabu, 23 Desember 2020 12:21 WIB
Wakil Menteri BUMN yang baru dilantik Presiden Jokowi, Pahala N Mansury. (Foto: Istimewa)
Wakil Menteri BUMN yang baru dilantik Presiden Jokowi, Pahala N Mansury. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo melantik lima posisi Wakil Menteri baru pada hari ini, Rabu (23/12). Salah satunya adalah Pahala N Mansury sebagai Wakil Menteri BUMN menggantikan Budi Gunadi Sadikin (BGS) yang ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan menggantikan Terawan.

Sebelumnya Pahala masih menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Ia sendiri baru sekitar satu tahun menjabat Dirut BTN menggantikan Maryono, Dirut BTN sebelumnya. Pahala sendiri juga merupakan alumnus dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sama seperti BGS, dan bersama Wamen II BUMN Kartika Wirjoatmodjo.

Baca juga : Warga Surabaya Bangga Risma Jabat Menteri Sosial

Menurut Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Piter Abdullah, alumni Bank Mandiri banyak mengisi jabatan penting di pemerintahan. Dan kecenderungannya akan terus seperti itu.

Namun hal itu menjadi wajar dan penting, lantaran untuk bisa menjalankan pemerintahan butuh tim yang solid. "Itu kenapa dibutuhkan mereka yang sudah benar-benar diketahui kemampuan dan integritasnya, dan juga bisa bekerja sama," ucapnya kepada RMCo.id, Rabu (23/12).

Baca juga : Alisa Manyonok, Lawan Kemauan Ortu Jadi Atlet

Selain itu melihat sosok Pahala, ia merupakan orang yang pekerja keras dan memiliki track record yang sudah malang melintang di sejumlah BUMN. Bahkan sebelumnya di dunia perbankan, Pahala juga menjabat Direktur Utama Garuda Indonesia. Sehingga kemampuan Pahala dalam mengembang Wamen BUMN seharusnya tak diragukan lagi.

Pahala diangkat menjadi Dirut BTN pada 27 November 2019 dan dinyatakan efektif pada 10 Februari 2020. Sebelumnya, Pahala juga pernah menjabat Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero) dan cukup lama berkarir di Bank Mandiri sebagai Direktur Treasury and Market. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.