Dark/Light Mode

Divaksin Covid Pun, Jokowi Pilih Rabu

Rabu, 6 Januari 2021 07:22 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Instagram/jokowi)
Presiden Jokowi (Foto: Instagram/jokowi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi sangat identik dengan hari Rabu. Banyak kebijakan penting atau hal-hal sakral dilakukan di hari Rabu. Bahkan, untuk urusan disuntik vaksin Corona pun, Jokowi memilih Rabu.

Kepastian Jokowi disuntik vaksin pada Rabu disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Tepatnya, 13 Januari 2021, yang merupakan Rabu Wage. "Penyuntikan perdana tanggal 13, hari Rabu depan," kata Tito, dalam Rapat Koordinasi Persiapan Vaksinasi Covid-19 dan Kesiapan Penegakan Protokol Kesehatan Tahun 2021, di Kantor Kemendagri, Jakarta, kemarin. 

Baca juga : Vaksin Covid-19 Hadir, Band Lokal Semangat Rilis Lagu Anyar

Jokowi akan menjadi orang pertama di Indonesia yang mendapat suntikan itu. Penyuntikan itu akan menjadi penanda dimulainya program vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

Selain Jokowi, ada beberapa menteri dan pejabat yang ikut divaksin pada hari yang sama. Namun, Tito belum membeberkan nama-nama pejabat yang dimaksud. Dia hanya menyebut kriteria, yaitu berumur di bawah 60 tahun. "Karena ini (syarat) dari Sinovac, 18-59 tahun," sambungnya.

Baca juga : Izin Vaksin Covid-19 Dari BPOM Keluar Januari 2021

Setelah itu, vaksinasi berikutnya akan dilakukan pada 14 atau 15 Januari di daerah. Tito meminta para kepala daerah turut serta memastikan kesiapan teknis dan hadir langsung dalam proses penyuntikan vaksin itu.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono membenarkan Jokowi akan divaksin Rabu pekan depan. Yang akan disuntikkan ke Jokowi adalah vaksin yang sama dengan yang dibagikan kepada masyarakat, yakni Sinovac. Rencananya, prosesi penyuntikan vaksin ke Jokowi akan disiarkan secara langsung di sejumlah media.

Baca juga : Hari Ini, Vaksin Covid-19 Mendarat Di Jayapura

Pemilihan Rabu sebagai hari untuk disuntik vaksin, menarik perhatian Dalang Rohmad Hadiwijoyo. Menurutnya, Jokowi jeli. "Rabu itu budho, suci. Baik," ujarnya, kepada Rakyat Merdeka, tadi malam.

Dalam hitungan Rohmad, Rabu Wage bernilai 10. Perhitungannya didapat dari hari Rabu yang punya nilai 7, ditambah Wage yang punya nilai 3.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.