Dark/Light Mode

Menko PMK Meninjau, Doni Pantau Penanganan Gempa Sulbar Via Online

Kamis, 28 Januari 2021 22:33 WIB
Menko PMK, Muhadjir Effendy melakukan kunjungan ke Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (28/1).
Menko PMK, Muhadjir Effendy melakukan kunjungan ke Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (28/1).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melakukan kunjungan ke Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) Kamis (28/1). 

Kunjungan tersebut, dalam rangka peninjauan sekaligus pemberian bantuan terhadap korban gempa Sulawesi Barat. Ikut hadir dalam rombongan, Menteri Sosial, Tri Rismaharini dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati. 

Dalam kunjungannya, Menko PMK meninjau lokasi pengungsi di Kabupaten Majene, dengan naik helikopter, sedangkan rombongan lain menuju Stadion Manakarra, bilangan Rimuku, Kecamatan Mamuju. 

Baca juga : BNPB Perpanjang Tanggap Darurat Gempa Sulbar

Stadion Manakarra menjadi salah satu pusat pengungsi. Presiden Jokowi sudah hadir di tempat ini beberapa waktu lalu. Di sana, Menko PMK memastikan bahwa segala kebutuhan pengungsi terpenuhi dengan baik. Termasuk di pos-pos pengungsian yang lain.

Menko PMK bersama rombongan pun kembali ke Jakarta, usai salat ashar di bandara Tampa Padang,. 

Sementara Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo ikut memantau seluruh rangkaian kegiatan kemanusian di Sulbar. Saat ini, Doni masih menjalani isolasi akibat terpapar Covid-19, usai kunjungan kerja marathon ke Sulawesi Barat dan Kalimantan selatan, minggu lalu.

Baca juga : Pemerintah Prancis Minta Warganya Tinggalkan Masker Kain

Hal tersebut disampaikan Staf Khusus Kepala BNPB sekaligus Tenaga Ahli BNPB, Egy Massadiah yang ikut serta dalam rombongan Menko PMK, Muhadjir Effendy ke Mamuju, Sulbar.

Egy mengatakan, Pak Doni tetap melakukan pemantauan penanganan gempa di Sulbar melalui WhatsApp (WA). "Pak Doni memantau lewat WA dan memberi instruksi lewat saya. Saya pun melaporkan setiap kegiatan dan peristiwa terkini yang ada di Mamuju,” ujar Egy sambil mendoakan Pak Doni lekas pulih dan bisa kembali beraktivitas 

Dalam kunjungan ke Sulbar, tampak hadir Sestama BNPB, Harmensyah, Dirjen Bina Adwil Kemendagri, Safrizal ZA, Dirjen Kemendes Kemendagri, Eko Sri Haryanto, Dirjen Yankes Kemenkes, dr Abdul Kadir, Deputi Perlindungan Khusus Anak Kemen PPPA, Nahar, Direktur Logistik BNPB Rustian, Ka Biro Umum BNPB Andi Eviana dan lain-lain.[FIK]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.