Dark/Light Mode

Naik Heli Chinook, BNPB Kirim 8 Ton Bantuan Ke Dua Desa Terdampak Gempa Sulbar

Sabtu, 30 Januari 2021 09:10 WIB
Helikopter BNPB mendaratkan bantuan dengan berat total 8 ton pada Jumat (29/1) di Desa Kalobang dan Lemo-lemo yang terdampak gempa M6,2 (foto:BNPB)
Helikopter BNPB mendaratkan bantuan dengan berat total 8 ton pada Jumat (29/1) di Desa Kalobang dan Lemo-lemo yang terdampak gempa M6,2 (foto:BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengerahkan Helikopter berjenis Chinook untuk mengirimkan bantuan ke dua desa terisolir pasca gempa Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), dari bandara Tampa Padang, Jumat (29/1).
 
Sebanyak 8 ton bantuan berhasil dikirim melalui helikopter ke Desa Kalobang dan Desa Lemo-lemo. 

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati mengatakan, pendistribusian bantuan dilakukan dua tahap ke kedua desa tersebut.

Bantuan diberikan menggunakan teknik sling load atau menggantungkan bantuan dengan tali sepanjang beberapa meter.

Baca juga : "Sharp Peduli Indonesia" Bantu Masyarakat Terdampak Bencana

“Bantuan langsung dibagikan kepada setiap kepala keluarga dan warga terdampak gempa melalui kepala dusun atau tokoh masyarakat setempat sesuai data kependudukan,” kata Raditya dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (29/1).

Selain menggunakan helikopter Chinook, BNPB juga mengirimkan bantuan sebanyak 8 sorti dengan helikopter jenis EC dengan nomo PK-URR. 

Helikopter ini melakukan 6 sorti pengiriman bantuan logistik ke Desa Takaurangan, Desa Kalobang, Desa Malunda, Desa Bela, Desa Kopeang dan Desa Lemo-Lemo. 

Baca juga : Pasca Gempa Sulbar, 4 Helikopter BNPB Distribusikan Bantuan Ke Desa-desa Terpencil

Helikopter dengan kapasitas 6 penumpang, termasuk pilot, sempat mengantar tim medis ke desa terisolir.  Sedangkan heli dengan nomor RA-24699 sebanyak 2 sorti dengan pengangkutan bantuan ke Desa Marano dan Desa Panggalo. 

“Satuan tugas TNI AU membantu memfasilitasi pengiriman bantuan ke wilayah-wilayah yang sulit dijangkau dengan transportasi darat. Dengan menjaga sinergitas ini, diharapkan penanganan pasca gempa bisa dilakukan dengan baik dan tepat,” ujar Raditya. [FIK]


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.