Dark/Light Mode

Tunggu Inpres, Aceh Dan Sumut Jadi Tuan Rumah PON 2024

Senin, 1 Februari 2021 23:59 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menerima kunjungan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di Jakarta, Senin (2/1)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menerima kunjungan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di Jakarta, Senin (2/1)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima kunjungan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.  

Menpora datang bersama Ketua DPRD Aceh, Dahlan Jamaludin, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh Muzakir Manaf dan Wakil Ketua Komisi VI DPR, Aria Bima di Kampus PUPR Jakarta, Senin (1/2). 

Dalam pertemuan tersebut, mereka membahas rencana dukungan infrastruktur dalam rangka persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumatera Utara pada 2024 mendatang.

Baca juga : Menpora Siap Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Berkuda Internasional 2021

“Kunjungan Menpora hari ini dalam rangka membahas rencana dukungan infrastruktur untuk pelaksanaan PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara pada 2024. Kami siap untuk membantu, dan kepastian pelaksanaannya tetap menunggu Instruksi Presiden (Inpres),” kata Basuki Senin (2/1).

Dikatakan Basuki, untuk mendapat bantuan pembangunan infrastruktur ini Pemerintah Daerah harus pro aktif dengan mengusulkan dan menginisiasi pembangunannya terlebih dahulu. Selanjutnya, kekurangan bisa dibantu Pemerintah pusat dengan dana APBN.

Pada kesempatan ini, Menpora mengusulkan kepada Kementerian PUPR untuk membangun stadion utama dan venue renang yang akan digunakan pada PON XXI 2024. Sementara itu, venue dayung akan disiapkan di Krueng Lamnyong, Banda Aceh. 

Baca juga : Tunggu Izin BPOM, Gubernur Sulsel Siap Divaksin Pertama

“Pemda diminta susun dulu master plan-nya, infrastruktur apa saja yang akan di bangun di Aceh dan Sumatera Utara. Namun untuk venue renang kami sarankan dibangun dengan konsep semi outdoor seperti di Gelora Bung Karno sehingga perawatannya tidak terlalu mahal. Jangan hanya membangun, tetapi keberlanjutannya juga harus dipikirkan,” ujar Menteri Basuki.

PON XXI 2024 merupakan kali pertama diselenggarakan di dua tempat. Provinsi Aceh dan Sumatera Utara terpilih sebagai tuan rumah bersama penyelenggaraan PON XXI 2024 dalam Rapat Tahunan Koni Pusat 2018. 

Sementara untuk PON XX di Papua, direncanakan pada Oktober 2021. Empat dari tujuh venue PON XX telah siap untuk diserahterimakan dari Kementerian PUPR ke Pemerintah Daerah. 

Baca juga : Bamsoet Cek Kesiapan Bali Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Motocross 2021

Keempat venue tersebut yakni Venue Area Aquatic, Venue Istora Papua Bangkit dan Venue Arena Cricket dan Hockey Indoor dan Outdoor yang merupakan amanat dari Inpres No. 10/2017. Untuk teknis pelaksanaan PON XX sendiri masih dalam tahap diskusi apakah dilaksanakan dengan atau tanpa penonton. [FIK]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.