Dark/Light Mode

Wamenhan Perkuat Kerja Sama Di Kawasan Samudera Hindia

Kamis, 4 Februari 2021 21:52 WIB
Wakil Menteri Pertahanan, M Herindra
Wakil Menteri Pertahanan, M Herindra

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Letjen TNI, M Herindra mengatakan, kerja sama pertahanan negara kawasan Samudera Hindia sangat penting untuk hadapi tantangan masa depan.

Hal itu disampaikan Wamenhan, mewakili Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto saat menjadi pembicara kunci dalam Indian Ocean Region (IOR) Defence Minister Conclave yang diikuti oleh 26 negara sahabat secara video conference di Kemhan, Jakarta, Kamis (4/2).

Dalam sambutannya, Wamenhan menekankan, bahwa pertemuan ini amat penting sebagai upaya meningkatkan kerja sama dalam menjaga perdamaian dan keamanan di antara negara-negara di kawasan Samudera Hindia. 

Baca juga : Pemerintah Imbau Perayaan Imlek Dilakukan Sederhana

Kerja sama ini juga untuk kepentingan bersama terutama karena peningkatan kompleksitas tantangan dan ancaman yang terjadi di kawasan Indo-Pasifik saat ini dan di masa depan. 

“Forum IOR Defence Minister Conclave ini merupakan forum yang strategis untuk membicarakan kerja sama pertahanan kawasan tersebut,” kata Menhan.

Samudera Hindia merupakan samudera terbesar ketiga dan termasuk di antara jalur komunikasi laut terpenting di dunia, serta menjadi jalur penting bagi perdagangan dan transportasi internasional. 

Baca juga : Atasi Penuaan Dini Selama Pandemi Dengan Teh Hijau

Selain itu, negara-negara di Kawasan Samudera Hindia adalah rumah bagi sekitar 2,7 miliar orang atau sekitar 35% dari populasi dunia dengan keanekaragaman budaya, sumber daya alam yang melimpah dan potensi ekonomi, serta signifikansi geopolitik. 

Selain itu, Wamenhan mengajak semua negara dunia untuk bersama sama menangani masalah Covid-19 yang telah berdampak pada ekonomi negara. 

Karenanya, peningkatan kesejahteraan negara-negara di kawasan, sangat tergantung pada perdamaian dan keamanan kawasan. [DIR]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.