Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kabar Baik, Menteri KKP Siapkan Dana Pensiun Untuk Nelayan

Sabtu, 6 Februari 2021 13:40 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono (foto:net)
Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono (foto:net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tengah menyiapkan kebijakan baru untuk memberikan jaminan hari tua atau uang pensiun bagi nelayan. 

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, terobosan baru ini dalam rangka melindungi dan meningkatkan kesejahteraan nelayan di masa pandemi.

"Perlindungan dan peningkatan kesejahteraan nelayan menjadi prioritas KKP," kata Trenggono di Jakarta, Sabtu (6/2).

Baca juga : ACC Beri Bantuan 250 Paket Suplemen Dan Makanan Untuk Donor Plasma

Menurut Trenggono, ada tiga hal yang harus disiapkan terkait perlindungan dan kesejahteraan nelayan, yaitu asuransi kecelakaan, kesehatan, dan tunjangan hari tua.

Trenggono juga menargetkan, adanya transformasi sistem penangkapan ikan dan pengawasan terhadap kapal-kapal perikanan dengan memanfaatkan teknologi informasi, untuk untuk peningkatan produktivitas nelayan, menjaga kualitas produk, serta menjamin keberlanjutan populasi perikanan di laut Indonesia.

Untuk itu, ia juga meminta jajarannya rajin berkoordinasi dengan Kementerian/Lembaga (K/L) terkait serta pemerintah daerah.

Baca juga : Mulai Jumat Besok, GeNose Siap Digunakan Di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Tugu Yogyakarta

Anggota Komisi IV DPR dari Fraksi PKS, Johan Rosihan berharap  KKP dapat mempersiapkan strategi untuk meningkatkan permodalan atau pembiayaan terhadap nelayan, khususnya nelayan kecil dalam rangka membangkitkan perekonomian di kawasan pesisir.

"Saya meminta KKP untuk siapkan strategi pada sektor pembiayaan kepada nelayan dan pelaku usaha untuk pemulihan ekonomi masyarakat dengan pola membangun kampung-kampung perikanan," kata Johan.

Ia berpendapat, bahwa membangun kampung-kampung perikanan di kawasan pesisir untuk memperkuat pemulihan ekonomi masyarakat.

Baca juga : Ketum PP PBSI Agung Firman Gelorakan Semangat Atlet Untuk Menang

Johan juga menginginkan adanya kebijakan KKP untuk kelonggaran pembiayaan atau pembayaran terhadap sektor kelautan perikanan sebagai dampak dari pandemi Covid-19 saat ini. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.