Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kunjungi Korban Longsor Kebumen, Risma Hibur Anak-anak Dan Beri Santunan

Jumat, 12 Februari 2021 14:16 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini (kiri) memberikan bantuna untuk korban tanah longsor di Desa Kalijering, Padureso, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Jumat (12/2). (Foto: Twitter @KemensosRI)
Menteri Sosial Tri Rismaharini (kiri) memberikan bantuna untuk korban tanah longsor di Desa Kalijering, Padureso, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Jumat (12/2). (Foto: Twitter @KemensosRI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengunjungi lokasi dan korban tanah longsor di Desa Kalijering, Padureso, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Jumat (12/2). Dalam kunjungan tersebut, Risma menemui warga terdampak longsor yang kini mengungsi di beberapa rumah, masjid, dan balai desa, di sekitar lokasi bencana.

Risma sempat menghibur anak-anak di pengungsian agar mereka tidak trauma dengan kejadian longsor itu. Mantan Wali Kota Surabaya ini menyampaikan, banyak orang mengabaikan anak-anak. Padahal, anak-anak itu trauma, bahkan mungkin tidak akan pernah lupa itu sampai mereka dewasa.

"Oleh karena itu, nanti akan saya datangkan tim yang akan membantu untuk trauma healing. Supaya mereka tidak trauma," terangnya, seperti dikutip Antara.

Baca juga : Evakuasi Korban Banjir, Gulkarmat Jaktim Siapkan 20 Perahu Karet

Risma menyampaikan, untuk menangani bencana, tidak usah dipisah-pisah mana tugas daerah, mana tugas provinsi, atau mana tugas pusat dan sebagainya. "Bencana di Kebumen ini ada korban. Jadi, kenapa saya prioritaskan ke sini? Saya baru menerima laporan semalam bahwa bencana longsor ini ada korban jadi kemudian saya ke sini," terangnya.

Ia meminta pimpinan daerah dan kepala desa mencegah bencana longsor tersebut agar tidak terjadi lagi. Sehingga tidak ada korban lagi.

Menurut dia, kalau lokasinya memang sudah tidak memungkinkan untuk ditempati, sebaiknya direlokasi. Untuk lahan relokasinya, dia yakin pasti ada. “Insya Allah ada," kata politisi PDIP ini.

Baca juga : Kemenhub Perpanjang Penerapan Prokes Perjalanan Dalam Negeri dan Internasional

Pada kesempatan tersebut, Risma memberikan santunan untuk keluarga korban yang meninggal, kemudian juga memberikan bantuan sarana prasarana untuk meringankan warga. Terkait untuk membantu pembangunan rumah yang terdampak longsor, pihaknya akan berkoordinasi.

"Nanti saya akan komunikasi lagi untuk pembangunan rumah. Memang kami ada anggarannya, cuma saya tidak ngerti bangunan di sini berapa kalau mau membangun rumah. Nanti, perlu sinergi bersama provinsi dan kabupaten sehingga bisa jadi rumah yang layak," ucapnya.

Bantuan Kementerian Sosial untuk penanganan bencana alam di Kebumen berupa logistik senilai Rp 46 juta, beras reguler 4 ton, dan santunan ahli waris 3 jiwa Rp 45 juta. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.