Dark/Light Mode

Target Doni Monardo

Indonesia Bebas Corona Saat Hari Kemerdekaan

Selasa, 16 Februari 2021 05:39 WIB
Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19
Doni Monardo (Foto: BNPB)
Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo (Foto: BNPB)

 Sebelumnya 
Untuk mengendalikan Covid-19 dibutuhkan kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan. Pemerintah harus lebih ketat dan tegas menjalankan PPKM Mikro.

Selain itu, rencana masif tracing atau pelacakan belum banyak berjalan. Baru di beberapa tempat saja yang aktif.

Baca juga : Wapres: Ormas Berbasis Agama Wajib Jaga Kerukunan

Dia mengingatkan Doni agar berhati-hati menentukan target tinggi. Niatan membangun optimisme, bisa dianggap tidak masuk akal oleh publik.

“Mengendalikan Covid-19 tidak seperti sulap. Saya minta agar upaya-upaya yang dilakukan Pemerintah harus jelas. Indikatornya juga tepat, sehingga semua orang bisa ikut merasa optimis,” sarannya.

Baca juga : Fahri: Demokrasi Di Indonesia Masih Butuh Banyak Perubahan Paradigma

Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman mengatakan, Pemerintah harus meningkatkan 3T (testing, tracing dan treatment) dan membangun program pengendalian pandemi Covid-19 mulai jangka pendek, menengah, hingga panjang sebelum menargetkan pengendalian pandemi Corona di Tanah Air.

“Ini yang harus dibangun, tunjukkan performa untuk pengendalian seperti apa targetnya,” tuturnya.  [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.