Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BIN Gelar Tes Massal Antigen Dan PCR Di Terminal Bogor

Selasa, 16 Februari 2021 22:25 WIB
BIN kerahkan 2 mobil laboratorium biosafety Level 2 untuk tes massal.
BIN kerahkan 2 mobil laboratorium biosafety Level 2 untuk tes massal.

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Intelejen Negara (BIN melakukan tes acak Rapid Antigen dan PCR Swab bagi para pengunjung terminal Bojonggede, Kabupaten Bogor, Selasa (16/2). 

Dalam kegiatan ini, BIN mengerahkan 2 unit mobil laboratorium PCR Bio Safety Level 2 (BSL-2).

Koordinator Lapangan Mobile Laboratorium Covid-19 BIN, Kol. Inf. Budi Santoso menuturkan, test massal ini dilakukan sebagai upaya mendeteksi penyebaran Covid-19 di wilayah Bojonggede, yang menjadi zona merah penyebaran Covid-19 berdasarkan data Satgas Kabupaten Bogor.

Baca juga : Pertamina Kelar Bangun 12 Terminal BBM Di Indonesia Timur

“Kami mengerahkan dua unit mobil laboratorium PCR Biosafety Level 2 (BSL-2) sebagai laboratorium lanjutan bagi masyarakat yang kedapatan reaktif berdasar hasil Swab Antigen. Bilamana berdasar hasil tes PCR hasilnya positif, maka data akan diserahkan ke pihak Satgas Kecamatan dan Kabupaten,” tutur Budi.

Selain itu, BIN juga turunkan tim medical intelejen sebanyak 26 orang yang terdiri dari berbagai formasi, yakni dokter, analis, perawat dan formasi pendukung lainnya. 

“Hari ini target kita yakni sebanyak 500 peserta Rapid Antigen. Sejauh ini sudah ada beberapa orang di antaranya dinyatakan positif. Orang tersebut, sudah dilakukan tes PCR di mobil laboratorium," ungkapnya.

Baca juga : Gratis, Tes Swab Antigen Di 3 Kampung Tangguh Jaya Tangsel

Kegiatan tes acak ini sudah dilaksanakan sejak Mei tahun 2020 dan angkanya sudah diatas 50.000 orang dilakukan test. 

“BIN tidak bisa bergerak sendiri, kami sangat membutuhkan peran aktif masyarakat dalam memutus penyebaran virus Covid-19. Masyarakat harus terus disiplin laksanakan protokol kesehatan. Kemudian Satgas Covid-19 harus terus melaksanakan 3T  (Tracing, Testing, Treatment),” kata Budi.

Sementara itu, Camat Bojonggede Dace Hatomi mengatakan, bila ada warganya yang kedapatan positif berdasar hasil PCR test dari BIN tersebut, maka akan dilakukan isolasi dan dikoordinasikan kepada Puskesmas setempat.

Baca juga : Disubsidi Kemenhub, Tes GeNose Di Terminal Pulogebang Gratis

"Bila hasil Lab PCR positif, maka akan kita rujuk ke ruang isolasi yang dikoordinasikan oleh Puskesmas setempat. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sebaran virus dan mengantisipasi titik mana saja untuk pencegahan selanjutnya," terannya. [FIK]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.