Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelar RUPSLB, BRI Angkat 4 Direktur Baru

Kamis, 21 Januari 2021 17:42 WIB
Jajaran Direktur BRI. (Foto: ist)
Jajaran Direktur BRI. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Dalam putusannya, pemegang saham mengangkat empat direktur baru.

RUPSLB memberhentikan Haru Koesmahargyo sebagai Direktur Keuangan, Priyastomo sebagai Direktur Bisnis dan Ritel, dan Herdy Rosadi sebagai Direktur Human Capital BRI. Wisto Prihadi yang sebelumnya diangkat sebagai Direktur Kepatuhan turut diberhentikan karena tidak lulus fit and proper test oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Keempat direksi yang diberhentikan kemudian digantikan oleh Amam Sukriyanto sebagai Direktur Bisnis Kecil dan Menengah, Viviana Dyah Ayu Retno menjadi sebagai Direktur Keuangan, Arga Mahanana Nugraha sebagai Direktur Jaringan dan Layanan dan Agus Winardono sebagai Direktur Human Capital. Sementara Direktur Kepatuhan diisi Achmad Solichin Lutfiyanto yang sebelumnya menjabat Direktur Jaringan dan Layanan.

Direktur Utama BRI, Sunarso menuturkan, anggota dewan direksi dan komisaris yang tidak disetujui dalam penilaian fit and proper test secara otomatis diberhentikan dengan hormat oleh OJK. 

"Melalui putusan hasil RUPSLB dan perubahan pengurus ini, kami menegaskan fokus BRI membantu UMKM yang berupaya bangkit di tengah pandemi yang belum berakhir saat ini," katanya dalam konferensi pers hasil RUPSLB secara virtual, Kamis sore (21/1).

Tak hanya itu, RUPSLB juga membahas agenda persetujuan atas perubahan anggaran dasar perusahaan yang dilakukan untuk memenuhi Pasal 57 dan Pasal 63 Peraturan OJK No. 15/POJK.04/2020 tanggal 20 April 2020 tentang Rencana dan Penyelenggaraan RUPS Perusahaan Terbuka (POJK No. 15/2020), serta Pasal 28 ayat (1) Anggaran Dasar Perseroan.

Baca juga : MyBlueBird 5 Berikan Berbagai Fitur Baru

Rapat juga akan membahas pemberlakuan Menteri BUMN RI No. PER-08/MBU/12/2019 tanggal 12 Desember 2019 tentang Pedoman Umum Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa BUMN Selanjutnya, pengukuhan Peraturan Menteri BUMN RI No. PER-11/MBU/11/2020 tanggal 12 November 2020 tentang Kontrak Manajemen dan Kontrak Manajemen Tahunan Direksi Badan Usaha Milik Negara.

BRI juga akan melakukan pengalihan saham hasil pembelian kembali saham (buyback) selama masa pandemi. Saat ini saham hasil buyback ini masih disimpan sebagai saham treasuri.

Sementara itu, sepanjang triwulan III-2020, BRI kantongi kenaikan laba menjadi Rp 14,15 triliun, dengan menjaga permodalan kuat atau capital adequacy ratio (CAR) di angka 20,9 persen. 

Selanjutnya bank khusus kredit wong cilik ini juga mencatat komposisi kredit sebesar 80,6 persen, dengan pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) sebesar 18 persen atau sebanyak Rp 1.131,93 triliun yang terdiri dari dana murah sebesar 59 persen. Sehingga perseroan memiliki likuiditas yang memadai atau loan to deposit ratio (LDR) sebesar 82,6 persen.

"Di tengah isu pelambatan kredit dan keburukan aset di saat pandemi, BRI mampu menjaga kualitas aset NPL (non performing loan) gross di level 3,1 persen dengan coverage 203,5 persen," jelasnya. 

Berikut daftar direksi BRI terbaru: 

Baca juga : Semangat Dan Kinerja Baru

Direktur Utama : Sunarso

Wakil Direktur Utama : Catur Budi Harto

Direktur Keuangan : Viviana Dyah Ayu Retno

Direktur Kelembagaan dan BUMN : Agus Noorsanto

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah : Amam Sukriyanto 

Direktur Digital dan Teknologi Informasi : Indra Utoyo

Baca juga : Pulihkan UMKM, BNI Andalkan Layanan Digital

Direktur Bisnis Mikro : Supari

Direktur Jaringan dan Layanan : Arga Mahanana Nugraha

Direktur Kepatuhan : Achmad Solichin Lutfiyanto

Direktur Manajemen Risiko : Agus Sudiarto

Direktur Konsumer : Handayani

Direktur Human Capital : Agus Winardono. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.