Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gandeng Baznas, Askrindo Gelar Khitanan Massal Di Bekasi Dan Ternate

Kamis, 28 Januari 2021 20:02 WIB
Askrindo dan Baznas gelar khitanan massal. (Foto: ist)
Askrindo dan Baznas gelar khitanan massal. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyelenggarakan khitanan massal untuk anak kurang mampu di Ternate, Maluku Utara dan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Acara khitanan massal ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu dalam memperoleh layanan kesehatan, utamanya untuk mencegah meningkatnya risiko penyakit.

Khitanan massal diikuti 200 anak, yang terdiri dari 150 anak asal Ternate dan 50 anak berasal dari Bekasi pada 26, 27, dan 30 Januari 2021.

Di Ternate, khitanan massal diselenggarakan di tiga lokasi yakni di Masjid At Taubah, Kecamatan Ternate Selatan pada 26 Januari; Aula Dispora Kecamatan Ternate Utara dan Masjid Al Munawaar Kecamatan Ternate Tengah pada 27 Januari. Sedangkan di Bekasi, khitanan massal bertempat di Yayasan As-Shofiani Ahmadi, Ponpes Yatim Dhuafa & Anak Terlantar Kabupaten Bekasi pada 30 Januari 2021.

Baca juga : Awan Panas, Warga Lereng Merapi Berlarian Ke Luar Rumah

Ketua Baznas Prof. Noor Achmad mengapresiasi, terselenggaranya acara ini, yang merupakan bentuk kepedulian Baznas dan Askrindo terhadap masyarakat kurang mampu yang kesulitan mendapat fasilitas pelayanan sosial.

Selain itu, lanjut Noor, kegiatan ini juga sebagai partisipasi lembaga terhadap program pemerintah dalam menyosialisasikan dan mewujudkan program pelayanan kesehatan, serta mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs) dalam hal kesehatan.

"Kami turut mengapresiasi PT Askrindo yang telah menggandeng Baznas dalam acara khitanan massal ini. Kegiatan positif ini tak hanya dilakukan di sekitaran Jabodetabek saja, namun juga mencapai timur Indonesia yang memang biaya khitan di sana cukup mahal," kata Noor.

Dalam kegiatan ini, Baznas merekomendasikan anak peserta khitan, agar tepat sasaran dan benar-benar dari kalangan kurang mampu. Selain itu, Baznas pun menerjunkan tim kesehatan dari Rumah Sehat Baznas

Baca juga : Ganjar Gelar Doa Lintas Agama, Mohon Indonesia Terlepas Dari Bencana

Noor menambahkan, sinergi antara Baznas dan PT Askrindo telah terjalin sejak 2019 melalui berbagai program. Pada 2019, tercatat PT Askrindo dan Baznas bersinergi dalam pembangunan masjid bagi masyarakat korban bencana di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah; renovasi ruang kelas dan penyediaan laboratorium bahasa di Makassar.

Kemudian penyediaan ambulans jenazah di Makassar; penyediaan perahu nelayan di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah; dan penyaluran APD, handsanitizer, masker, suplemen serta makanan siap saji kepada masyarakat.

Setahun berselang, tepatnya pada 2020, keduanya kembali berkolaborasi membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam program pembangunan Rumah Tahfiz di lingkungan SMP Cendekia Baznas, program operasi katarak dan khitanan massal di Jabodetabek dan Ternate, serta program penyediaan perlengkapan Masjid Al-Askar di Desa Doda, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Terkini, kerja sama Baznas dan PT Askrindo dilakukan pada awal 2021, yakni berupa penyaluran donasi bersumber dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT Askrindo, yang difokuskan pada program pendidikan dan kesehatan sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGS) poin nomor tiga dan nomor empat.

Baca juga : Sowan Ke Katedral, Menag Bahas Penguatan Moderasi Beragama

"Kami berharap kerja sama antara Baznas dan PT Askrindo akan terus terjalin demi menyejahterakan masyarakat dalam berbagai bidang. Semoga kerja sama ini turut mendorong berbagai pihak lain untuk bersinergi membantu sesama," pungkas Noor. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.