Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kerja Sama RI-Singapura

Diluncurkan Hari Ini, Nongsa D-Town Jadi Tonggak Penting Perkembangan Industri Digital Di Batam

Selasa, 2 Maret 2021 18:12 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Instagram)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nongsa Digital Town atau Nongsa D-Town yang merupakan buah kerja sama bilateral Indonesia-Singapura untuk mendorong perkembangan industri digital di Batam, akhirnya diresmikan pada Selasa (2/3) siang.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sangat berharap, Nongsa D-Town dapat menjadi tonggak penting bagi perkembangan industri digital di Batam. Serta menjadi batu loncatan untuk meningkatkan kerja sama Indonesia dan Singapura di masa depan.

"Peluncuran Nongsa D-Town siang ini dapat menjadi bukti kerja sama yang saling menguntungkan antara sektor publik dan swasta kedua negara. Perkembangan industri digital di Batam sejalan dengan strategi pembangunan tematik Batam dalam Masterplan Percepatan Pembangunan wilayah Batam-Bintan-KarimunTanjungpinang," ujar Airlangga dalam peluncuan virtual Nongsa Digital Town di Jakarta, Selasa (2/3).

Baca juga : Gelora: Daripada Miras, Mending Pemerintah Kembangkan Industri Herbal

Untuk mencapai target pertumbuhan 5,8 persen pada 2020-2025, daerah BBKT membutuhkan investasi tahunan rata-rata Rp 75 triliun. Di antara kawasan lainnya, Batam akan memiliki peran yang signifikan, karena diharapkan dapat memberikan kontribusi terbesar terhadap total investasi yang masuk ke kawasan tersebut.

Batam memiliki keunggulan geostrategis karena lokasinya yang dekat dengan Singapura. Batam diharapkan berfungsi sebagai jembatan digital untuk menghubungkan Singapura ke kota-kota lain yang sedang berkembang di Indonesia.

Pengembangan Batam sebagai jembatan digital juga telah dicita-citakan oleh Presiden Joko Widodo dalam Leaders Retreat tahun 2017.

Baca juga : Hari Ini, Jokowi Lantik 6 Menteri Dan 5 Wakil Menteri Di Istana Negara

“Salah satu sorotan kerja sama bilateral kita yang baru-baru ini disahkan oleh Menteri Chan dan saya pada Pertemuan Tingkat Menteri ke-10 tahun 2020 adalah perkembangan industri digital di Batam, melalui pembentukan pusat data,” ucap Airlangga.

Ia pun menerangkan pentingnya teknologi digital di masa pandemi ini.

Menurutnya, teknologi digital telah membantu pemerintah dan swasta dalam merampingkan proses bisnis yang rumit. Selain itu, teknologi digital juga membantu mempromosikan lingkungan kerja yang lebih praktis dan fleksibel selama pandemi.

Baca juga : Pertamina Berikan Penghargaan Pada Pelanggan Industri Setia

“Pasca pandemi, saya melihat perlunya bisnis menjadi lebih adaptif terhadap transformasi teknologi, agar pekerja juga lebih paham secara digital,” pungkas Airlangga. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.