Dark/Light Mode

Lantik Pejabat Eselon I

Sri Mulyani: Tak Ada Tempat Bagi Ego Individual Dan Unit Di Kemenkeu

Jumat, 12 Maret 2021 14:14 WIB
Menkeu Sri Mulyani melantik jajaran pejabat eselon I Kemenkeu. (Foto: Kemenkeu)
Menkeu Sri Mulyani melantik jajaran pejabat eselon I Kemenkeu. (Foto: Kemenkeu)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Keuangan, Sri Mulyani merombak jajaran pejabat eselon I Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Dia pun mengingatkan jajarannya untuk terus bersinergi.

Total ada 25 pejabat yang terdiri dari 18 Pejabat Tinggi Madya, 2 Pejabat Tinggi Pratama, dan 5 Direksi pada Badan Layanan Umum Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH). Perubahan ini merupakan bagian dari promosi, mutasi dan rotasi, serta pengukuhan di lingkungan Kemenkeu.

Dalam sambutannya, Sri Mulyani menggarisbawahi pentingnya sinergi antar unit di Kemenkeu karena hal ini penting dalam tugas menjaga dan membuat kebijakan fiskal.

Baca juga : Ganjar: Tak Ada Lagi Zona Merah Di Jateng

“Di lingkungan Kementerian Keuangan, teamwork adalah penting sekali. Tidak ada tempat bagi ego individual dan ego unit,” ujarnya, Jumat (12/3).

Menurut dia, di lingkungan Kemenkeu, bekerja bersama adalah suatu keharusan. “Kami tidak percaya di dalam menghadapi tantangan global, termasuk pandemi, climate change, maupun tantangan pemulihan ekonomi, tidak mungkin dilakukan secara silo dan sendiri-sendiri,” tegasnya.

Jabatan merupakan sebuah kepercayaan bahwa figur pejabat tersebut dianggap memiliki pengalaman, kematangan, dan wawasan yang mumpuni, untuk menggerakkan jalannya institusi yang memiliki tugas vital bagi Indonesia. 

Baca juga : Bupati Klaten Sri Mulyani Ingatkan Warga Tetap Jaga Protokol Kesehatan

“Saya ingin kembali mengingatkan kepada seluruh jajaran Kementerian Keuangan, bahwa kerja tidak hanya dengan otak dan kepala, tapi juga dengan hati nurani serta etika bekerja. Tetap fokus sehingga yang kita hasilkan betul-betul bermanfaat bagi masyarakat, dan tetap menjaga rambu-rambu kepantasan etika publik,” tegas Sri Mulyani.

Menurut Sri Mulyani, pelajaran pasca pandemi Covid-19 mendorong para pengambil kebijakan untuk dapat bekerja cepat dan jitu. Saat ini, harapan sudah mulai datang dan dapat dirasakan, sejalan dengan program vaksinasi yang mulai masif.

Menurut dia, tantangan dan tugas yang diemban Kemenkeu juga kian banyak, khususnya di tahun depan, Indonesia akan memegang presidensi G20. Oleh karena itu, berbagai aktivitas Kemenkeu, bersama dengan Bank Indonesia, dan Kementerian/Lembaga lain akan meningkat.

Baca juga : Menteri Arifin Tasrif Lantik 31 Pejabat Eselon II Di Kementerian ESDM

“Saya minta seluruh pejabat untuk mengukir prestasi dengan inovasi, dengan leadership, dengan pengalaman, dengan komitmen,” ujarnya.

Dia yakin Kemenkeu akan terus menjadi institusi bendahara negara, yang bisa menjaga masyarakat Indonesia, menjaga NKRI, menjaga perekonomian Indonesia, dan sekaligus menjaga martabat bangsa kita. 

“Jalankan tugas. dengan sepenuh hati dan dengan keikhlasan yang sepenuhnya,” tukas Sri Mulyani. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.