Dark/Light Mode

Terima Lahan 10 Ha, Menag Dukung Pendirian Kampus IAIN Bima

Jumat, 12 Maret 2021 22:37 WIB
Menag, Yaqut Cholil Qoumas menyaksikan penyerahan lahan untuk pembangunan kampus IAIN di Kota Bima  Jumat (12/3.
Menag, Yaqut Cholil Qoumas menyaksikan penyerahan lahan untuk pembangunan kampus IAIN di Kota Bima Jumat (12/3.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Agama Kota Bima, menerima hibah lahan 10 hektare (Ha) dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bima. 

Penyerahan aset ini disaksikan langsung oleh Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas saat berkunjung ke Nusa Tenggara Barat (NTB) Jumat (12/3.

Aset lahan tersebut, akan digunakan untuk membangunan kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Bima. 

"Insya Allah lahan 10 ha ini kami terima. Dalam waktu secepatnya, kita akan dirikan IAIN Bima," kata Menag di Kantor Kemenag Kota Bima, NTB, Jum'at (12/3).

Baca juga : Efektif Lawan Covid-19, Bamsoet Dukung Penuh Gerakan Nasional 1 Juta Sajadah

Menag bersama rombongan tiba di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, pukul 11.00 WITA.  Tampak mendampingi Gubernur NTB, Zulkiflimansyah, Walikota Bima Muhammad Lutfi, dan Wakil Walikota Bima dan Kakanwil Kemenag Provinsi NTB.

"Lahirnya, IAIN di Kota Bima akan ikut berperan dalam penguatan moderasi beragama di Bima," tambah Yaqut Cholil Qoumas yang akrab disapa, Gus Yaqut ini.

Menag berharap, para guru besar dan doktor yang ada di Bima, turut mengembangkan kampus dalam membangun SDM masyarakat yang lebih baik. 

"Kita sama-sama besarkan IAIN Bima. Dari sisi sosiologis, harus terwujud IAIN Bima," harapnya.

Baca juga : Terima Direksi Mahakarya Sukma Abadi, Bamsoet Dukung Pembuatan Mobil Listrik Maung Pindad

Menag mengapresiasi komitmen dan perhatian Walikota Bima, Muhammad Lutfi terhadap perkembangan pendidikan keagamaan masyarakat Bima. Menag mengajak para akademisi, utamanya putra daerah, mau berkumpul membangun IAIN Bima.

"Tradisi keilmuan masyarakat Kota Bima, tinggi. Kampus ini bisa menjadi cikal bakal UIN nantinya di Kota Bima. Saya minta dalam perkembangannya, secepatnya menjadi UIN," kata Menag.

Selain tanah 10 ha, Pemkot Bima juga akan menghibahkan tanah dan bangunan bagi madrasah. "Kita siap menerimanya, agar madrasah terus hidup dan berjalan dengan baik ke depannya," katanya.

Di akhir acara, Menag menandatangani prasasti peresmian gedung MIN Yolabali Kota Bima. Menag juga  meninjau lahan pembangunan IAIN Bima, di lapangan pacuan kuda, Sambinae, Kota Bima. [MFA]

Baca juga : Terima Pimpinan Baznas, Bamsoet Dukung Gerakan Cinta Zakat


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.