Dark/Light Mode

Selamat, BKKP Menjadi BLU Pertama Di Perhubungan Laut Kemenhub

Jumat, 19 Februari 2021 13:16 WIB
Ilustrasi Kantor BKKP yang kini resmi menjadi BLU di Direktorat Perhubungan Laut Kemenhub RI. (Foto : Istimewa)
Ilustrasi Kantor BKKP yang kini resmi menjadi BLU di Direktorat Perhubungan Laut Kemenhub RI. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP) sebagai unit pelaksana teknis di Direktorat Jenderal Perhubungan Laut resmi menjadi Badan Layanan Umum (BLU) pertama di subsektor perhubungan laut.

Ini menyusul penetapan BKKP sebagai instansi Pemerintah yang menerapkan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum oleh Kementerian Keuangan.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo menjelaskan, pembentukan BLU itu berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 57/KMK.05/2021 tentang Penetapan Balai Kesehatan Kerja Pelayaran pada Kementerian Perhubungan sebagai Instansi Pemerintah yang Menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum pada 15 Februari 2021.

Baca juga : Pengamat: Kunjungan Jokowi Ke Pacitan Tak Ada Hubungannya Dengan Isu Kudeta Demokrat

"Selamat dan apresiasi kepada kita semua yang telah bekerja keras dan berhasil melahirkan BLU pertama ini. Tujuan utamanya adalah bagaimana kita bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan juga bagaimana hal ini bisa menambah kesejahteraan bagi pegawai dalam rangka memberikan pelayanan tersebut,” ujar Dirjen Agus dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/2) siang.

Ia menambahkan, dengan BLU ini nantinya BKKP bisa lebih fleksibel dalam pengelolaan dan pengusahaan aset- asetnya yang pada akhirnya dapat meningkatkan pelayanan kepada stakeholder dan masyarakat maritim.

Dengan pengusahaan aset ini, diharapkan BKKP bisa mendapatkan pendanaan yang nantinya bisa digunakan membiayai proses jalannya roda organisas.  Ke depan tidak menutup kemungkinan bisa digunakan untuk menutup biaya operasi.

Baca juga : Wapres Harap Masjid Jadi Pusat Peradaban Dan Pemberdayaan Umat Islam

"Ke depan, kita juga akan terus mendorong UPT Ditjen Perhubungan Laut untuk dapat menerapkan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Layanan yang dilaksanakan oleh Balai Teknologi Keselamatan Pelayaran (BTKP) maupun Distrik Navigasi akan menjadi potensi sebagai BLU. Kita menunggu untuk lahirnya BLU lainnya di Ditjen Perhubungan Laut,” jelas Dirjen Agus.

Sebagai informasi, BKKP adalah salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dimana saat ini ada 296 UPT di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut yang tersebar di seluruh Indonesia.

Adapun tugas utama BKKP adalah melaksanakan pengujian kesehatan pelaut dan tenaga penunjang keselamatan pelayaran serta pengujian lingkungan kerja pelayaran. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.