Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Genjot Pariwisata Pulau Dewata

Pemerintah Mau Buka Rute Penerbangan Langsung India-Bali

Rabu, 17 Maret 2021 22:13 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno bersama Duta Besar India untuk Indonesia, Shri Manoj Kumar Bharti di Ubud. (Foto: Kemenparekraf)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno bersama Duta Besar India untuk Indonesia, Shri Manoj Kumar Bharti di Ubud. (Foto: Kemenparekraf)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggandeng Duta Besar (Dubes) India untuk segera membuka penerbangan langsung dari India ke Bali. Hal ini disampaikan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat berdiskusi dengan Duta Besar India untuk Indonesia, Shri Manoj Kumar Bharti di Ubud, Bali, Rabu (17/3).

"Saya baru selesai berdiskusi tentang rencana pembukaan kembali Bali dengan penerbangan langsung dari India. Tentunya ini sedang kita siapkan, kini dalam tahap finalisasi dan kerja sama-kerja sama lainnya, termasuk kerja sama investasi dan perdagangan serta pariwisata dan ekonomi kreatif," ujar Sandiaga dalam keterangan tertulis, Rabu (17/3).

Baca juga : Putusan Penggunaan Kata 'Allah', Pemerintah Malaysia Ajukan Banding

Sandiaga menyebut investasi dan perdagangan  yang dimaksud ini yang masuk dalam lingkup pariwisata dan ekonomi kreatif, terutama di Pulau Dewata. "Harapan kami terjadi peningkatan hubungan bilateral, agar bisa membangkitkan semangat, menebar harapan, membuka peluang lagi bagi Bali untuk bangkit, dan Indonesia pulih ekonominya," ujar Sandiaga.

Menurut eks Wakil Gubernur DKI Jakarta ini, kedua pihak juga membicarakan tentang adaptasi teknologi. Melihat teknologi India cukup mumpuni di bidang digital ekonomi, maka diharapkan bisa diadopsi di sejumlah desa wisata. Dia juga mengatakan, hal ini menjadi salah satu program untuk  mendongkrak pariwisata dan memulihkan ekonomi kreatif dengan pendekatan khusus untuk pembangunan desa wisata.

Baca juga : Jelang Puasa Dan Lebaran, Pemerintah Pastikan Stok Dan Harga Bahan Pokok Stabil

Adapun, Sandiaga menegaskan bahwa hubungan antara India dengan Indonesia harus diperkuat demi kemajuan kedua negara. Harapan serupa turut disampaikan Shri Manoj Kumar Bharti. 

Terkait kerja sama, pihaknya mewakili Pemerintah India menyambut baik banyak usulan dalam membangkitkan kembali ekonomi Bali, terutama dari segi pariwisata dan ekonomi kreatif. Termasuk langkah mengembalikan para turis, khususnya asal India untuk datang berlibur ke Bali pasca pandemi Covid-19.

Baca juga : Robert Kardinal Minta Pemerintah Tak Sembarangan Mekarkan Papua

"Dalam waktu dekat kita akan membuka perjalanan langsung dari India ke Bali. Harapan saya masyarakat India dapat lebih percaya diri untuk datang ketika destinasi wisata dibuka kembali kepada masyarakat umum," jelas Shri Manoj Kumar Bharti. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.