Dark/Light Mode

Kemenkes: Vaksinasi Covid-19 Tahap Ketiga Batal Digelar April

Kamis, 1 April 2021 22:30 WIB
Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi
Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi

RM.id  Rakyat Merdeka - Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi mengatakan, vaksinasi tahap ketiga yang menyasar masyarakat yang rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi batal dilaksanakan pada April 2021.

Rencananya vaksinasi tahap ketiga untuk masyarakat umum berusia 18-59 tahun, akan dilaksakan April 2021, namun baru bisa dimulai pada Juni atau Juli 2021.

Baca juga : Genap Berusia 120 Tahun, Pegadaian Berbagi di Hari Jadi

Pelaksanaan vaksinasi tahap ketiga yang diatur dalam Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor HK.02.02/4/1/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) seharusnya akan dimulai pada April 2021.

Nadia mengatakan, target vaksinasi tahap ketiga tidak sesuai jadwal karena adanya embargo vaksin Covid-19 dari negara produsen sehingga stok vaksin di Indonesia terbatas.

Baca juga : Kemenag: Sidang Isbat Awal Ramadan Akan Digelar 12 April 2021

“Ini imbas dari situasi embargo. Sehingga, kita baru bisa mulai Juni atau Juli. Mengingat juga stok di bulan April terbatas seperti yang disampaikan Pak Menkes,” ujar Nadia dalam keterangannya, Kamis (1/4/).

Nadia menjelaskan stok simpanan vaksin Covid-19 saat ini ada 27 juta dosis dan 20 juta dosis yang beredar. Sehingga, stok vaksin Covid-19 saat ini hanya bisa digunakan untuk April hingga Mei. "Jadi cakupan vaksinasi harus menyesuaikan stok vaksin," ujar Nadia. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.