Dark/Light Mode

Tinjau Proyek Strategi Nasional

Menteri Suharso: Wisata Pantai Baluran Situbondo Harus Dijaga

Senin, 19 April 2021 08:59 WIB
Menteri PPN, Suharso Monoarfa
Menteri PPN, Suharso Monoarfa

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa melakukan kunjungan kerja ke Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur.  

Mantan menteri perumahan rakyat ini mengatakan, bahwa pembangunan infrastruktur di sejumlah tujuan wisata pantai di kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur, sudah masuk prioritas nasional.

"Nantinya, daerah harus menjaganya dengan baik karena itu ujung tombaknya pemerintah daerah dalam menggerakan roda perekonomian di tengah masa pandemi," ujar Suharso saat kunjungan kerja di Situbondo, Minggu (18/4).

Baca juga : Harga Pangan Sulit Dijinakkan

Pemerintah Kabupaten Situbondo telah mengusulkan pembukaan akses ke sejumlah objek wisata pantai di kawasan taman nasional itu, di antaranya Pantai Merak Baluran, Pantai Sijile, Pantai Lempuyang, Batu Hitam dan beberapa wisata pantai lainnya yang lokasinya masih dalam satu kawasan.

Pembangunan infrastruktur di kawasan Merak-Baluran diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan sehingga ekonomi di Situbondo bisa terus tumbuh.

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi optimistis kawasan Merak-Baluran bisa menjadi destinasi wisata utama di Situbondo, serta dapat bisa menjadi daya ungkit pertumbuhan ekonomi.

Baca juga : NTT, Sulbar, Dan Malut Laporkan Nol Kasus Covid

"Keindahan alam lautnya melebihi wisata di Bali. Harapannya, wisatawan di Bali juga mau berkunjung ke Merak-Baluran. Apalagi lokasinya dekat dengan Pelabuhan Ketapang Banyuwangi," kata Karna dikutip Antara.

Bupati menyebutkan, sekitar 17 kilometer jalan belum diaspal di Kawasan Merak-Baluran. Selain itu, juga terdapat delapan destinasi wisata dan sekitar seribu penduduk yang tinggal di Dusun Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih itu.

"Kami telah melakukan MoU dengan Kementerian LHK mengenai pembangunan jalan dan listrik ke Dusun Merak. Salah satu tujuannya membuat penduduk di Merak merasa nyaman dan aman. Begitu juga dengan wisatawan," tuturnya.[MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.