Dark/Light Mode

Kasus Covid-19 Di Eropa Naik Pasca Liburan,

Menteri Luhut: TIdak Ada Pilihan Selain Melarang Mudik

Jumat, 26 Maret 2021 22:05 WIB
Luhut Binsar Panjaitan (Foto: Ist)
Luhut Binsar Panjaitan (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pemerintah tidak punya banyak pilihan terkait dengan mudik Lebaran 2021 selain melarangnya. Hal itu sudah diumumkan pemerintah serta berlaku pada periode 6-17 Mei 2021. "Memang kami tidak ada pilihan banyak terkait libur ini," kata Luhut, dalam konferensi pers, Jumat (26/3).

Baca juga : Bantu Vaksin Covid-19 Di Palestina, AS Gelontorin Rp 216 Miliar

Alasannya, berkaca dari sejumlah negara yang telah membuka aktivitas termasuk kegiatan liburan, justru mengalami kenaikan kasus covid-19. Misalnya, sejumlah negara di Eropa, seperti Jerman, Italia, dan Prancis, serta India. Yang akhirnya memaksa negara tersebut untuk melakukan kembali penguncian wilayah (lockdown).

Baca juga : Vaksinasi Covid-19 Tak Batalkan Puasa, MUI: Jangan Malas Berpartisipasi

"Kami lihat pengalaman di Eropa, di India begitu dibuka ya langsung naik 30 persen, kasus Covid-19. Jadi kami tidak mau seperti itu terjadi di Indonesia. Karena itu, sudah diputuskan di rapat kabinet libur Lebaran ditahan dulu," jelasnya. 

Baca juga : Jangan Panik, Bisa Sembuh Dan Tidak Menularkan Ke Orang Lain

Namun, ia menyatakan bahwa penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia terbilang baik, mencakup dari aspek kesehatan maupun perekonomian. "Jika dilihat dalam enam pekan terakhir, kita sudah bisa mengatasi Covid-19, tampak dari angka infeksi baru dan kematian yang mulai turun," terangnya. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.