Dark/Light Mode

Kemenkes Buka Akses Untuk Publik Capaian Program Vaksinasi Covid-19

Senin, 19 April 2021 19:53 WIB
Data Kemenkes tentang jumlah capaian program vaksinasi Covid-19 di Indonesia. (Foto: Twitter @KemenkesRI)
Data Kemenkes tentang jumlah capaian program vaksinasi Covid-19 di Indonesia. (Foto: Twitter @KemenkesRI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) secara resmi membuka informasi terkait data vaksinasi yang dapat diakses dan diawasi oleh publik melalui laman resmi Dashboard Vaksinasi Covid-19.

"Kita welcome untuk menerima masukan. intinya supaya ada kelola yang baik dan masyarakat juga bisa melihat dan bisa menilai seperti apa progres vaksinasi Covid-19," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin (BGS) dalam Forum Diskusi media Minggu (18/4).

Menurut BGS, data vaksinasi yang saat ini dapat diakses melalui laman vaksin.kemkes.go.id diharapkan dapat mempermudah publik melakukan pengecekan dan mengontrolnya.

Baca juga : Sebulan Ini, Tolong Genjot Vaksinasi Covid Untuk Lansia

"Masyarakat bisa sama-sama memantau progres vaksinasi dan ini juga bisa menjadi referensi utama satu data terkait dengan vaksinasi," tambahnya.

Dashboard Vaksinasi Covid-19 tak hanya menampilkan segala informasi terkait vaksinasi, seperti Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), distribusi vaksin, sentra vaksinasi dan informasi penting lainnya.

Informasi yang saat ini telah disiapkan antara lain rekapitulasi capaian koordinasi harian di level nasional, provinsi dan kabupaten dam kota.

Baca juga : Bareng SehatQ, Pemkab Tangerang Akselerasi Vaksinasi Covid-19

"Ke depan data, akan disampaikan hingga tataran desa dan kelurahan," tambahnya.

Dalam laman tersebut, publik juga dapat melihat cakupan peserta vaksinasi berdasarkan pemberian dosis pertama maupun kedua yang dilaporkan secara grafik maupun peta. Informasi lain yang disajikan berkaitan dengan sasaran penerima vaksinasi yang diukur berdasarkan tahapan dari kategori peserta.

Sumber data yang ditampilkan berasal dari laporan Komite Penanganan Covid-19 (KPC-PEN) dan Aplikasi PCare milik Kemenkes. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.