Dark/Light Mode

Lapangan Kerja Terwujud, Mendagri Imbau Pemerintah Daerah Permudah Izin Berusaha

Jumat, 30 April 2021 14:08 WIB
Mendagri Tito Karnavian (kiri) seusai memberi arahan pada pemerintah daerah di Gedung C Sasana Bhakti Praja Kantor Kemendagri, Jumat (30/4). (Foto: Kemendagri)
Mendagri Tito Karnavian (kiri) seusai memberi arahan pada pemerintah daerah di Gedung C Sasana Bhakti Praja Kantor Kemendagri, Jumat (30/4). (Foto: Kemendagri)

 Sebelumnya 
Untuk merespons itu, selain membenahi sektor pendidikan, kesehatan, serta infrastruktur, Presiden Joko Widodo telah melakukan langkah berupa perbaikan regulasi dengan diterbitkannya UU Cipta Kerja dan reformasi birokrasi.

Perbaikan regulasi dan birokrasi itu, merupakan upaya untuk memudahkan investor dalam mengurus perizinan berusaha dan berinvestasi.

Baca juga : DPD Ingin Pemerintah Dan Buruh Selesaikan Perbedaan Persepsi

Untuk mendukung investasi, Tito menegaskan, kepala daerah agar membuat tim untuk mendata peraturan-peraturan daerah yang dinilai menghambat iklim investasi.

Menurutnya, selain faktor keamanan, infrastruktur, dan situasi politik, para investor juga membutuhkan adanya kepastian hukum serta kemudahan untuk membuka usaha.

Baca juga : CCAI Dapat Apresiasi Dari Pemerintah Terkait Energi Baru dan Terbarukan

Keberadaan swasta, menurut Tito, dinilai penting untuk membuka lapangan kerja secara luas. Terlebih, di tengah kondisi pandemi yang masih berlangsung, membuat kondisi keuangan baik APBN maupun APBD mengalami penurunan, sehingga sukar membuka lapangan kerja bagi masyarakat. “Peran Swasta menjadi sangat kunci, swasta menjadi motor yang sangat penting untuk menyiapkan lapangan kerja,” pungkas Tito. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.