Dark/Light Mode

Bulan Depan, Dua Vaksin Made in USA Tiba di RI

Rabu, 19 Mei 2021 22:39 WIB
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi. (Foto: BNPB)
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi. (Foto: BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jika tidak ada aral melintang, dua merk vaksin asal Amerika Serikat, Novavax dan Pfizer akan tiba di Indonesia secara bertahap mulai bulan Juni dan Juli. 

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, Novavax akan tiba duluan. Setelah itu, menyusul Pfizer.

Baca juga : Bahlil Ingatkan, Jangan Main-main Soal Tanah Di Wilayah KEK

"Jumlah Novavax tiba di pertengahan Juni sebanyak 4 juta dosis, dilanjutkan Pfizer di Juli 5 juta dosis. Ini perkiraan ya," kata Siti Nadia kepada RM.id, Rabu (19/5).

Dia menuturkan, penyuntikan dua merk vaksin asal negeri Paman Sam itu akan digunakan dalam vaksinasi nasional gelombang ketiga, yang menyasar sebagian kelompok lanjut usia (lansia), petugas, pelayanan publik, dan masyarakat umum yang rentan. "Untuk sasaran vaksinasi tahap ke-3 pada kelompok prioritas yang sudah ditetapkan," imbuhnya. 

Baca juga : Belanja Lebaran Jadi Vitamin Buat Rupiah

Vaksin Novavax dan Pfizer asal Amerika Serikat itu dipastikan tidak masuk dalam daftar penggunaan vaksin Covid-19 untuk program Vaksinasi Gotong Royong yang bergulir sejak Selasa (18/5) kemarin.

"Kalau Novavax dan Pfizer ini kan vaksin program pemerintah pasti beda dengan Vaksinasi Gotong Royong yang menggunakan vaksin Sinoparm dan CanSino," tutur Nadia.

Baca juga : Percepat Vaksinasi, Menko Airlangga Terima Audiensi Dari ICRC

Soal efikasi Novavax dan Pfizer, Kemenkes belum mengumumkan secara pasti. Novavax dikabarkan memberi efektivitas 86 persen untuk menghadapi beberapa mutasi Covid-19 khususnya varian dari Inggris.

Tapi ketika melawan mutasi varian dari Afrika Selatan hanya 60 persen efektif. Tetap di atas standar Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang menetapkan batas 50 persen. Sedangkan merk Pfizer memiliki efikasi di atas 90 persen. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.