Dark/Light Mode

Huang Hua, Juara Malaysia Open Jadi WNI

Senin, 26 April 2021 05:39 WIB
Mantan pebulutangkis asal Malaysia, Huang Hua. (Foto : Istimewa)
Mantan pebulutangkis asal Malaysia, Huang Hua. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Huang Hua, juara Malaysia Open, sudah menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI) dan merupakan pebulutangkis keturunan China.

Huang Hua berhasil menjuarai Malaysia Open sebanyak dua kali pada 1990 dan 1992. Gelar pertama diraihnya usai mengalahkan Lee Jung-mi dengan skor 11-3, 7-11, 11-1. Gelar kedua diperoleh usai mengalahkan wakil Indonesia, Yuni Kartika dengan skor 11-3, 7-11, 11-7.

Baca juga : Total Kasus Covid Loncati Angka 1,6 Juta, Jawa Barat Masih Buntuti DKI

Kini, jawara Malaysia Open dua kali itu sudah resmi menyandang status sebagai WNI, setelah menikah dengan seorang pria asal Klaten bernama Tjandra Budi. Huang Hua pun diketahui bertemu dengan pria Indonesia yang merupakan kerabat dekat dari pelatihnya saat itu yang Tjandra Budi.

Berdua sempat menghabiskan kebersamaan dengan mengunjungi Candi Borobudur di Magelang Jawa Tengah. Hubungan pebulutangkis keturunan China dengan Tjandra Budi pun berlanjut. Bahkan ketika keduanya sama-sama menempuh pendidikan di Amerika Serikat.

Baca juga : Nama Airlangga Hartarto Makin Wangi

Pada 1993, Huang Hua dan Tjandra Budi memutuskan untuk menikah. Sempat tinggal di Amerika setelah menikah, keputusan-keputusan penting kemudian diambil jawara Malaysia Open saat itu.

Mulai dari keputusan untuk langsung mengubah status Kewarganegaraan menjadi WNI, memutuskan pensiun dini sebagai pebulutangkis di usia emasnya pada 1993, hingga kemudian memilih untuk mengikuti sang Suami menetap di Klaten, Jawa tengah sejak 1994.

Baca juga : Hari Kedua Puasa, Rupiah Masih Lemes

Setelah menikah dan me- mutuskan pensiun, Huang Hua kemudian sepenuhnya menjadi seorang Ibu Rumah Tangga. Bersama Tjandra Budi Darmawan, Huang Hua kini dikaruniai tiga orang anak yang sayangnya, tak satu pun dari mereka, mengikuti jejak sang Ibu terjun ke dunia bulutangkis. [JON]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.