Dark/Light Mode

Peringati Waisak, Menag Pesan Eratkan Persaudaraan Antar Sesama

Rabu, 26 Mei 2021 10:12 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Antara)
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berpesan pada seluruh umat Buddha untuk terus merekatkan tali persaudaraan antar sesama melalui peringatan Hari Tri Suci Waisak 2565 Tahun Buddhis.

“Melalui momentum peringatan Hari Tri Suci Waisak 2565 Tahun Buddhis ini, saya berpesan kepada seluruh umat Buddha untuk terus merekatkan tali persaudaraan antar sesama," ujar Gus Yaqut dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (26/5).

Baca juga : Pemerintah Kuatkan Ketahanan Pangan Sekaligus Sejahterakan Petani

Menurut Menag, pesan merekatkan persaudaraan itu sejalan dengan ajaran yang tertuang dalam kitab suci Dhammapada.

“Kelahiran para Buddha merupakan sebab kebahagiaan. Pembabaran Ajaran Benar merupakan sebab kebahagiaan. Persatuan merupakan sebab kebahagiaan dan usaha perjuangan mereka yang telah bersatu merupakan sebab kebahagiaan,” ujarnya.

Baca juga : SEAQIL Dorong Peningkatkan Literasi Dengan Pendekatan Kerja Sama

Ia berharap umat Buddha terus dapat memiliki pikiran, ucapan, dan perilaku damai sebagai wujud nyata cahaya kebenaran dalam meningkatkan kualitas beragama dan kerukunan antarsesama.

Menag juga mengajak umat Buddha Indonesia untuk turut serta dalam upaya pengembangan Candi Borobudur.

Baca juga : Keren, Windy Cantika Gondol Emas Di Kejuaraan Angkat Besi Dunia Junior

Menurutnya, pemerintah telah mengambil langkah strategis dalam merealisasikan program restorasi Borobudur yang berfokus pada nilai-nilai spiritual dan pendidikan dari situs Borobudur.

"Jadikanlah nilai-nilai luhur itu sebagai spirit untuk bangkit dan bersatu, bersama-sama menjadikan Candi Borobudur sebagai destinasi kunjungan religi agama Buddha dunia," ujarnya. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.