Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bantuan Korban Bencana NTT, Mensos: Warga Perlu Pemberdayaan

Jumat, 4 Juni 2021 19:26 WIB
Mensos, Tri Rismaharini usai rapat pembahasan pembangunan pasca bencana banjir bandang NTT di Jakarta, Jumat (4/6).
Mensos, Tri Rismaharini usai rapat pembahasan pembangunan pasca bencana banjir bandang NTT di Jakarta, Jumat (4/6).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Sosial melanjutkan bantuan bagi warga korban bencana di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Bantuan juga datang dari kepedulian pihak swasta dan berbagai komunitas.

“Alhamdulillah, dibantu Kompas, SCTV, Kitabisa dan komunitas yang akan bantu bangun rumah, ” ujar Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini usai rapat pembahasan pembangunan pasca bencana banjir bandang NTT di Jakarta, Jumat (4/6).

Mensos, memastikan pembangunan rumah itu akan diberikan kepada warga yang memang belum mendapatkan bantuan.

“Kami pastikan pembangunan yang diberikan bagi warga korban bencana di lokasi yang memang belum tersentuh bantuan,” katanya.

Baca juga : Erick Ubah PFN Jadi Lembaga Pembiayaan

Mensos menjelaskan, dana yang digunakan dari Kemensos untuk pemberdayaan, sedangkan dari lembaga atau instasi untuk pembangunan dan perbaikan sarana. 

“Dari Kemensos akan digunakan untuk pemberdayaan warga dan dari instansi untuk pembangunan berbagai sarana warga, ” kata Mensos.

Terlebih di Timur Tengah Utara (TTU), perbatasan darat negara Timor Leste, rumah warga hancur dan termasuk sarana dan infrastruktur. 

“Jadi, di daerah yang belum tersentuh akan konsentrasi membangun rumah termasuk pembuatan sarana air bersih bagi warga,” katanya. 

Baca juga : Bukan Cuma Buat Nikah, KUA Ikut Perkuat Moderasi Beragama

Kemudian upaya normalisasi juga perlu dilakukan mengingat permukaan sungai-sungai di sana yang sejajar dengan jalan sehingga mudah meluap ke rumah warga. 

“Dengan geografis sungai-sungai yang rata dengan jalan tersebut menjadikan harus ada upaya untuk normalisasi sungai, ” tutur Mensos.

Risma mengatakan, pembangunan saran lainnya dilanjutkan secara komprehensif, seperti membangun perpustakaan yang didukung Telkom untuk penyediaan akses internet. 

“Di perpustakaan akan disediakan akses internet yang akan dibantu Telkom sedangkan buku-buku bacaan dibantu oleh Kompas,” katanya.

Baca juga : Kemensos Siap Bangun Perpustakaan Di NTT

Mensos menekankan perlu pemberdayaan ekonomi masyarakat agar menangani stunting dengan penyediaan ternak ayam petelur yang setiap hari bertelur.

“Kita akan bantu untuk ternak ayam petelur yang bisa dikonsumsi setiap hari agar warga bisa memenuhi kebutuhan protein,” ucapnya 

Untuk melanjutkan pembangunan akan ada pemetaan pekan ini dan dilanjutkan dengan action dan berkoordinasi dengan pemda setempat.

“Kami akan koordinasi dengan Pemda setempat untuk melanjutkan pembangunan, sehingga jangan ada masalah izin,”pungkasnya. [DIR]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.