Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bukan Cuma Buat Nikah, KUA Ikut Perkuat Moderasi Beragama

Rabu, 2 Juni 2021 13:19 WIB
Wakil Menteri Agama (Wamenag) KH Zainut Tauhid Saadi saat mengunjungi salah satu KUA model di Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (31/5) lalu. (Foto: Ist)
Wakil Menteri Agama (Wamenag) KH Zainut Tauhid Saadi saat mengunjungi salah satu KUA model di Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (31/5) lalu. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) merupakan salah satu program prioritas Kementerian Agama (Kemenag) untuk mewujudkan KUA sebagai pusat layanan keagamaan yang prima, kredibel, dan moderat guna meningkatkan kualitas umat beragama. 

"KUA merupakan teras depan Kemenag dalam pelayanan urusan agama di masyarakat harus memiliki performa yang baik, ramah dan tidak menyulitkan masyarakat. Ke depan KUA tidak hanya sebagai tempat untuk proses pencatatan pernikahan saja, tetapi harus menjadi tempat untuk pembinaan keagamaan dan penyemaian praktik kehidupan moderasi beragama masyarakat," kata Wakil Menteri Agama (Wamenag) KH Zainut Tauhid Sa'adi dalam keterangannya, Rabu (2/6).

Zainut sempat mengunjungi salah satu KUA model di Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (31/5) lalu. Dalam kunjungan tersebut Zainut didampingi Plt. Kepala Kanwil Kemenag Jawa Timur Nurul Huda dan Kakan Kemenag Sidoarjo Amir Sholehuddin.

Baca juga : Blibli Salurkan Bantuan melalui Program "Gowes Berbagi Kebaikan"

Zainut menyampaikan terdapat empat tujuan strategis dari revitalisasi KUA. Yakni untuk meningkatkan kualitas umat beragama, memperkuat peran KUA dalam mengelola kehidupan keberagamaan, memperkuat program dan layanan keagamaan, dan untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan KUA sebagai pusat layanan keagamaan.

Program revitalisasi KUA meliputi rehabilitasi fisik di setiap KUA model. Rehab fisik tersebut dilakukan seperti perubahan layout front office, layout balai nikah dan ruang konsultasi.  Revitalisasi ini juga meliputi penyempurnaan standar pelayanan publik pada KUA Kecamatan, transformasi digital dan penguatan program capacity building terhadap petugas-petugas di KUA model seperti penghulu dan penyuluh.

Di samping hal tersebut, Kemenag juga melakukan program penguatan kompetensi petugas di KUA, Ditjen Bimas Islam telah melakukan sejumlah bimbingan teknis (bimtek), seperti bimtek jejaring lokal, bimtek moderasi beragama berbasis keluarga.

Baca juga : Mulai Besok, Pusat Bisnis Vietnam Perketat Prokes Selama 15 Hari

Kemudian bimtek layanan prima, bimtek revitalisasi KUA melalui program dan layanan bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah tahun 2021, bimtek administrasi dan pengamanan aset wakaf dan terakhir bimtek standar penyuluh agama Islam dukungan revitalisasi KUA.

"Saya merasa bergembira bisa melihat langsung dari dekat kesiapan KUA Sidoarjo dalam melaksanakan program revitalisasi KUA, dan menurut saya KUA ini layak menjadi percontohan karena secara fisik bangunannya sangat bagus, dukungan perangkat digitalnya memadai dan SDM pegawainya cukup, semoga bisa menjadi percontohan bagi KUA lainnya," ujar Zainut.

Adapun enam KUA model yang diresmikan secara langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yaitu KUA Banjarnegara, KUA Sidoarjo, KUA Ciawi Gebang, KUA Biringkanaya, KUA Gunung Sugih, dan KUA Sewon. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.