Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mentan Tinjau Kesiapan Kurban di Kota Makassar

Senin, 19 Juli 2021 15:17 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat memantau kondisi hewan kurban di Makassar, Minggu (18/7)/Ist
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat memantau kondisi hewan kurban di Makassar, Minggu (18/7)/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meninjau Rumah Potong Hewan (RPH) Manggala di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Syahrul memastikan semua persiapan dan kesiapan penyelenggaraan kurban tetap dalam kondisi aman dan terkendali serta tertib dalam mematuhi aturan protokol kesehatan.

"Intinya, hewan kurban kita cukup dan tersedia. Kemudian harganya juga stabil, meski ada sedikit kenaikan sekitar 500 ribu per ekor. Tetapi di hari raya ini memang harus naik, kalau tidak berarti daya beli turun," ujar Syahrul, Minggu (18/7).

Baca juga : BPOM: Kebakaran Tak Ganggu Pelayanan, Tak Ada Korban Jiwa

Syahrul mengatakan, sektor pertanian termasuk di dalamnya sektor peternakan tidak akan mengalami penurunan yang signifikan. Walaupun saat ini dunia, termasuk Indonesia sedang menghadapi pandemi Covid-19 berkepanjangan.

"Saya kira yang paling terganggu itu wilayah industri. Kalau pertanian kan naik terus. Kami yakin ketersediaan kurban di Kota Makassar oke, stabilisasi juga oke dan Idul Adha akan berjalan baik," katanya.

Sementara, Penanggung Jawab Rumah Potong Hewan Ruminansia Drh Ridwan menjamin semua hewan yang masuk sudah melalui proses uji dan pemeriksaan ketat. Hasilnya, hanya ada 2 ekor sapi yang bermasalah. Itu pun sudah ditangani dengan baik oleh tim dan para ahli peternakan.

Baca juga : Anies Berkaca-kaca

"Semua hewan kami periksa ketat sebelum pemotongan. Biasanya untuk pemeriksaan, kami perhatikan bagian mata karena selalu ada penyakit iritasi mata. Tapi Alhamdulillah sapi yang kami periksa ini hanya 1-2 ekor saja yang bermasalah. Sisanya dalam kondisi baik semua," jelas Ridwan.

Ridwan mengatakan, semua sapi potong yang masuk merupakan sapi potong lokal yang datang dari sentra ternak di Sinjay, Bulukumba, Bantaeng, dan juga sapi sisanya dari anakan Bali.

"Ini sapi lokal semua. Kualitasnya sangat baik, bobot daging cukup besar dan tulang-tulang  relatif kecil. Sapi-sapi seperti ini banyak didatangkan dari sinjay, bukukumba, bantaeng dan sapi bali," katanya.

Baca juga : Jelang Idul Adha, Kementan Jamin Ketersediaan Hewan Kurban Aman

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto menyampaikan terima kasih atas perhatian jajaran Kementerian Pertanian terhadap kesiapan dan persiapan kurban dan juga Idul Adha di Kota Makassar.

"Makasar sekarang 4 persen pertumbuhan ekonominya. Insya Allah Hari Raya Idul Adha dan juga penyelenggaraan kurban berjalan baik," harapnya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.