Dark/Light Mode

Siapkan 500 Fasilitas Isoman Dilengkapi Konsentrator Oksigen

Kemenperin Berperan Aktif Tangani Amukan Covid-19

Senin, 26 Juli 2021 06:50 WIB
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengecek fasilitas perawatan, pada peresmian Fasilitas Isolasi Mandiri Terpusat Kementerian Perindustrian di Balai Diklat Industri (BDI) Jakarta, Sabtu (24/7/2021). (Foto: Humas Kemenperin)
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengecek fasilitas perawatan, pada peresmian Fasilitas Isolasi Mandiri Terpusat Kementerian Perindustrian di Balai Diklat Industri (BDI) Jakarta, Sabtu (24/7/2021). (Foto: Humas Kemenperin)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penanganan Covid-19, termasuk penanganan pasien, membutuhkan keterlibatan semua pihak, baik dari unsur pemerintah maupun masyarakat.

Pemerintah telah mendorong semua kementerian/lembaga untuk turut berkontribusi dalam penanganan pasien Covid-19 antara lain dengan membangun fasilitas-fasiltas isolasi terpusat dengan menggunakan fasilitas kementerian/lembaga terkait.

Berita Terkait : Kemenperin Siapkan 500 Fasilitas Isoman Dilengkapi Oksigen, Ini Tempatnya

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berperan aktif untuk mendorong percepatan penanganan dan pengendalian pandemi Covid-19 di Tanah Air. Berbagai langkah strategis telah dijalankan, dengan mempertimbangkan aspek kesehatan dan ekonomi yang sama-sama menjadi prioritas.

“Salah satu upayanya adalah menyediakan fasilitas isolasi mandiri (isoman) dengan kapasitas 500 pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Jakarta (100 pasien), Bogor (100 pasien), Bandung (100 pasien), Yogyakarta (100 pasien), dan Surabaya (100 pasien),” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita pada acara peresmian Fasilitas Isolasi Mandiri Terpusat Kementerian Perindustrian di Balai Diklat Industri (BDI) Jakarta, Sabtu (24/7).

Berita Terkait : Menperin Kantongi Investasi 4 Raksasa Otomotif Jepang

Menperin menjelaskan, penyediaan fasilitas isolasi terpadu oleh berbagai kementerian/lembaga dimaksudkan untuk mengurangi tekanan terhadap rumah sakit yang saat ini cukup kewalahan akibat melonjaknya jumlah pasien covid-19. Hal ini sesuai dengan arahan dalam rapat koordinasi yang dilaksanakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada 14 Juli 2021.

“Dalam membantu penanganan Covid-19, setiap kementerian/lembaga diharapkan dapat menyediakan fasilitas isolasi mandiri terpusat dengan memanfaatkan gedung atau balai diklat yang dimiliki masing-masing kementerian/lembaga,” paparnya.
 Selanjutnya