Dark/Light Mode

Jokowi: ASN Jangan Malah Minta Dilayani, Udah Nggak Zaman

Selasa, 27 Juli 2021 11:15 WIB
Presiden Jokowi (Foto: YouTube)
Presiden Jokowi (Foto: YouTube)

 Sebelumnya 
Dalam hal ini, Jokowi juga menyoroti pentingnya kolaborasi lintas organisasi, lintas daerah lintas ilmu, dan lintas profesi. Sebab, banyak sekali masalah yang tidak bisa dipecahkan oleh satu dinas, oleh satu daerah, atau oleh satu Kementerian atau satu lembaga maupun oleh satu keahlian dan satu disiplin ilmu.

"Semua masalah selalu lintas sektor dan lintas disiplin. Saat ini, dunia menjadi serba hybrid, serba kolaboratif. Tidak boleh lagi ada ego, baik ego sektor, ego daerah dan ego ilmu," jelas Jokowi.

Baca juga : Ingrid Kansil Minta Pemerintah Perbaiki Data Bansos

Presiden juga memberikan kebebasan ke pemerintah daerah, untuk membuat slogan yang sesuai dengan daerah-nya masing-masing.

"Kita semua sangat sering mendengar semboyan slogan, atau mutu sebuah organisasi atau perusahaan. Sejak lama, semua pemerintah daerah punya semboyannya masing-masing. Ada yang semboyannya 'Berhati nyaman', ada yang 'Berirama', 'Bersahabat' dan masih banyak lagi," papar Presiden.

Baca juga : Tolak Brondong, Cinta Laura Ngaku Kena Karma

Variasi semboyan antar daerah itu dinilai baik, karena merujuk pada kekhasan masing-masing daerah. Sehingga, memperkaya keberagaman Indonesia. Namun, semboyan itu harus sesuai dengan Pancasila dan nilai-nilai universal.

Setiap aparatur sipil negara di manapun bertugas, seharusnya memegang teguh nilai-nilai dasar yang sama, dengan semboyan yang sama.

Baca juga : Jokowi: Pemulihan Kesehatan Harus Didahulukan

"Semua ASN yang bertugas, baik sebagai pegawai pusat maupun pegawai daerah, harus mempunyai core values yang sama," tandas Jokowi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.