Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bantu Keselamatan Transportasi

Menhub Apresiasi Inovasi BMKG

Jumat, 30 Juli 2021 11:21 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Foto: Dok. Kemenhub)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Foto: Dok. Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi inovasi-inovasi yang telah dilakukan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam upaya membantu meningkatkan keselamatan di sektor transportasi.

BKS-sapaan akrab Budi Karya merasa terbantu dengan kinerja BMKG. Beberapa inovasi BMKG yang sangat berguna bagi transportasi misalnya di sektor maritim, pembuatan sistem INA-WIS atau Indonesian Weather Information for Shipping, yaitu sistem yang dapat diakses untuk mengetahui informasi cuaca maritim selama 10 hari ke depan.

Baca juga : Buka Diklat Bela Negara Di Unhan, Firli Bahuri Apresiasi 18 Pegawai KPK Yang Ikut

Kemudian, kata Menhub, inovasi lainnya di sektor maritim yaitu pembuatan sistem INA-DRIFT. "Sistem ini dapat dimanfaatkan untuk menunjang operasi kegiatan penanggulangan bencana lingkungan," saat rapat koordinasi pembangunan nasional BMKG dikutip Jumat (30/7).

Lalu, eks Dirut Angkasa Pura ll ini juga kagum dengan pembuatan sistem Monitoring Operasional Meteorologi Maritim atau INA-OPSMAR, yaitu sistem pelaporan secara elemtronik yang lebih cepat dan terintegrasi dengan sistem jaringan Automatic Wheater System (AWS) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca juga : Jaga Prokes Selama Idul Adha, Gus Halim Apresiasi Pendamping Desa

Selanjutnya, inovasi di sektor penerbangan, BMKG juga meluncurkan System of Indonesian Aviation atau SIAM yang menyediakan berbagai informasi cuaca penerbangan (satelit cuaca, radar cuaca, informasi turbulensi, SIGMET, SigWx, kondisi cuaca bandara, dan prakiraan cuaca bandara) yang dikemas secara keseluruhan dalam satu platform.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.