Dark/Light Mode

Kemenkominfo Ajak Sekolah Buat Website Aman, Informatif Dan Menarik

Kamis, 5 Agustus 2021 21:37 WIB
Webinar Digital Society dengan tema: Yuk Buat Website Sekolah yang Aman, Informatif, dan Menarik, Kamis (5/8). (Foto: Kemenkominfo)
Webinar Digital Society dengan tema: Yuk Buat Website Sekolah yang Aman, Informatif, dan Menarik, Kamis (5/8). (Foto: Kemenkominfo)

 Sebelumnya 
Tips Membuat Website
Dalam membuat website yang aman, informatif, dan menarik, dibutuhkan keterampilan khusus. Hal ini juga tidak terlepas dari kebutuhan infrastruktur dengan fitur-fitur keamanan. Tony Seno Hartono, Entrepreneur dan Praktisi IT/ Dewan Pengarah Siberkreasi, menjelaskan, salah satu kriteria website yang baik adalah mempunyai navigasi dan desain responsif. Yaitu yang bagus ditampilkan di semua perangkat komputer dan smartphone dan juga selalu memutakhirkan piranti lunak dan plug-in sebagai salah satu cara untuk meningkatkan keamanan website. Tony menyarankan pemilik website untuk mengubah setelan CMS (sistem manajemen konten) agar website tidak mudah diretas.

“Banyak saya temukan bahwa setelan ini (CMS) tidak diubah oleh pemilik website yang baru sehingga memiliki celah keamanan sehingga para peretas bisa masuk,” ungkap Tony.

Baca juga : Sedekah Minyak Jelantah, Bantu Masyarakat Sedang Isoman dan Tim Medis

Indriyatno Banyumurti, Manajer Program ICT Watch, memberikan tips agar website menduduki peringkat teratas dari hasil pencarian. Salah satu yang penting adalah update, selain juga menetapkan kata kunci yang diperlukan.

“Membangun situs web adalah membangun pintu untuk orang melihat sekolah kita. Jadi, penting sekali untuk membangun situs web yang informatif dan menarik karena itu akan menjadi persona imej kita di dunia digital," tutur Indriyanto.

Baca juga : Kemandirian Siswa Sekolah Cendekia BAZNAS Dilatih Dengan Berwirausaha

Nastiyawati, perwakilan Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbudristek, memberikan informasi mengenai kebijakan program “GIAT SD” (Galeri Informasi, Aktivitas, dan Transformasi Sekolah Dasar) yang di dalamnya terdapat beberapa program-program menarik seperti GIAT Menyapa, GIAT Edukasi, GIAT Berkabar, GIAT Melayani, GIAT Berpartisipasi. “Pastinya dari setiap program-program ini, kami selalu menampilkan sharing-sharing praktik baik dari sekolah, orang tua, siswa, maupun Dinas Pendidikan,” kata Nastiyawati. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.