Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Kemenhub Bantu Kelancaran Distribusi 150 Ventilator Bantuan Dari AS

Rabu, 18 Agustus 2021 09:38 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi (kedua kanan) dan Menteri BUMN Erick Thohir menerima bantuan 150 ventilator dari AS. (Foto: ist)
Menhub Budi Karya Sumadi (kedua kanan) dan Menteri BUMN Erick Thohir menerima bantuan 150 ventilator dari AS. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendukung kelancaran distribusi bantuan kemanusiaan menggunakan moda transportasi pesawat dalam upaya percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia. 

Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menyaksikan kedatangan pesawat Citilink di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, yang membawa bantuan 150 ventilator dan sejumlah alat kesehatan dari Pemerintah Amerika Serikat, Selasa (17/8). 

Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y. Kim, kepada Menteri BUMN Erick Thohir dan Menhub Budi Karya Sumadi di Gudang Kargo 530 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. 

Baca juga : Bantu Tangani Covid, Persib Kasih Bantuan 5.000 Paket Vitamin

Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat dan perusahaan swasta di kota New York, dan bentuk dari persahabatan kedua negara. 

BKS-sapaan akrab Budi Karya Sumadi mengapresiasi stakeholder penerbangan yang telah kompak memberikan dukungan penuh dalam pendistribusian bantuan ventilator dan alat kesehatan dari Pemerintah, sektor swasta dan masyarakat New York, Amerika Serikat tersebut. 

“Saya mengapresiasi Kementerian BUMN bersama operator BUMN di sektor transportasi yaitu Garuda, Citilink, dan Angkasa Pura II, yang memberikan dukungan penuh guna membantu upaya percepatan penanganan Covid-19. Dengan kebersamaan, kita pasti bisa hadapi pandemi ini," katanya dalam keterangan resminya, Rabu (18/8). 

Baca juga : Korindo Bantu Atasi Kelangkaan Oksigen Di Kotawaringin Barat

Eks Dirut Angkasa Pura ll secara khusus mengapresiasi Yayasan BUMN yang memiliki kolaborasi yang baik dengan masyarakat di kota New York. Kemudian, Menhub juga berterima kasih kepada Dubes AS untuk Indonesia Sung Y. Kim yang telah membantu memfasilitasi bantuan kemanusiaan ini. 

Untuk diketahui, dukungan alat kesehatan yang diberikan oleh Pemerintah New York di antaranya adalah ventilator Vyarie Bellavista sebanyak 150 unit, beserta set aksesoris berupa circuit vent, exhalation valve dan flow censor.  

Dukungan bantuan ini diangkut menggunakan pesawat Citilink tipe Airbus A330-900 Neo dengan registrasi PK-GYA dan nomor penerbangan QG-5991. Pesawat yang mendarat tepat pada tanggal 17 Agustus 2021 pukul 12.28 WIB. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.