Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menkominfo Pastikan Semua Vaksin Covid-19 Aman Untuk Masyarakat

Kamis, 26 Agustus 2021 20:34 WIB
Menkominfo, Johnny G Plate
Menkominfo, Johnny G Plate

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate memastikan semua mereka vaksin Covid-19, mulai vaksin CoronaVac, hingga Moderna dan Pfizer aman dan berkhasiat untuk masyarakat.

"Semua vaksin sudah melalui kajian dari  Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan sudah mendapatkan persetujuan penggunaan dalam kondisi darurat atau Emergency Use Authorization (EUA), serta selalu dilakukan pengawasan," ujar Johnny melalui keterangannya,  Kamis (26/8). 

Saat ini, terdapat enam merek vaksin yang tersedia di Indonesia, yaitu vaksin CoronaVac (vaksin jadi dari Sinovac), vaksin hasil olahan Bio Farma dengan bahan baku dari Sinovac, vaksin Astrazeneca, vaksin Moderna, vaksin Sinopharm, dan vaksin Pfizer. 

Baca juga : Bank Indonesia Kembali Berikan Bantuan Oksigen Ke Surakarta.

Semua vaksin ini dipastikan aman untuk masyarakat. Oleh karena itu, Menteri dari Partai NasDem ini meminta masyarakat tidak perlu berbondong-bondong mencari merek vaksin tertentu. Anak buah Surya Paloh meningatkan, jangan menunda vaksinasi hanya karena merek akan membahayakan diri dan orang lain karena risiko sakit berat bila terkena Covid-19 akan semakin tinggi. 

"Segera vaksin sebelum terlambat dan selalu disiplin protokol Kesehatan. Virus Covid-19 adalah ancaman yang nyata dan ada di mana saja. Vaksinasi penting untuk membuat diri kita terlindungi dan mengurangi risiko sakit berat apabila kelak terpapar," tegas Menkominfo. 

Menkominfo menjelaskan, Pemerintah memastikan semua vaksin efektif melawan berbagai varian virus Corona, termasuk varian delta. 

Baca juga : Meski Sudah Sembuh Dari Covid-19, Tetap Perhatikan 3 Hal Ini Ya

Menurutnya, belum ada bukti ilmiah ataupun jurnal medis yang menunjukkan vaksin-vaksin seperti Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm, atau Moderna tak efektif melawan varian delta.

Johnny memaparkan, hasil evaluasi efektivitas vaksin Covid-19 yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes, membuktikan bahwa vaksin mampu menurunkan risiko terinfeksi serta mengurangi perawatan dan kematian bagi tenaga kesehatan. [MFA]


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.