Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Meski Sudah Sembuh Dari Covid-19, Tetap Perhatikan 3 Hal Ini Ya

Kamis, 26 Agustus 2021 13:08 WIB
Penyerahan bantuan BRANDS untuk RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet (Foto: PT Brands Suntory Indonesia)
Penyerahan bantuan BRANDS untuk RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet (Foto: PT Brands Suntory Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski angka kesembuhan Covid-19 terus meningkat, masyarakat tetap perlu menerapkan protokol kesehatan yang ketat, meningkatkan imunitas tubuh, dan memperhatikan kondisi kesehatannya. Pasalnya, Menurut World Health and Organization (WHO), waktu pemulihan untuk yang sudah sembuh dari Covid-19 akan tergantung para keparahan penyakitnya dan tipikal gejala yang dialami. 

Chief of Medical Halodoc, dr. Irwan Heriyanto, mengatakan, lama waktu yang diperlukan untuk proses penyembuhan Covid-19 memang berbeda-beda bagi setiap orang. Buat yang bergejala ringan, biasanya butuh waktu pemulihan sekitar dua minggu. “Sedangkan mereka yang punya gejala parah atau bahkan kritis, membutuhkan waktu hingga tiga sampai enam minggu,” ujarnya, dalam keterangan yang diterima RM.id, Kamis (26/8).

Baca juga : Pelni Sediakan Fasilitas Isolasi Covid-19 Terapung Di Medan

Setelah mendapatkan hasil tes polymerase chain reaction (PCR) negatif, tubuh tidak dengan otomatis dapat kembali normal. Seperti dilansir dari The Pharmacy Times, disebutkan 87,4 persen orang yang pulih dari infeksi Covid-19 masih mengalami setidaknya satu gejala seperti kelelahan dan sesak napas. Karena itu, pasien yang sudah sembuh dari Covid-19 tetap disarankan memerhatikan tiga hal berikut.

Pertama, monitor kondisi kesehatan. Ketahui gejala yang masih dialami dan berkonsultasi dengan dokter untuk memeriksa perkembangan lanjutan kesehatan. Berdasarkan beberapa penelitian, pasien yang telah sembuh dari Covid-19 memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengidap penyakit lainnya, setidaknya dalam waktu singkat. 

Baca juga : Kegiatan Bakal Dibuka Perlahan

Selain gejala fisik, ternyata penyintas Covid-19 juga kerap mengalami gejala emosional. Berdasarkan laporan ilmiah yang dipublikasikan US Pharm pada tahun 2021 memperlihatkan, pasien yang pernah memiliki riwayat positif Covid-19 memiliki tendensi untuk menderita kecemasan, disregulasi emosi, dan perburukan kondisi mental yang sebelumnya sudah ada. 

Kedua, terapkan protokol kesehatan dan lakukan vaksinasi. Orang yang telah sembuh dari Covid-19 akan memiliki kekebalan tubuh terhadap virus tersebut selama sekitar 8 bulan atau lebih. Meski begitu, kasus terjadinya infeksi berulang masih dapat terjadi. Artinya, meski telah sembuh, protokol kesehatan tetap harus diterapkan. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.