Dark/Light Mode

PUPR Sulap Parkiran RSUP Dr Sardjito Jadi Ruang ICU Covid-19

Sabtu, 28 Agustus 2021 18:06 WIB
RSUP dr. Sardjito DIY menambah  ketersediaan ruang ICU bagi pasien Covid-19.
RSUP dr. Sardjito DIY menambah ketersediaan ruang ICU bagi pasien Covid-19.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian PUPR mempercepat pembangunan ruang isolasi ICU Gatotkaca 4 di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk mengatasi melonjaknya pasien Covid-19. 

Pembangunan yang memanfaatkan lahan parkir di Gedung Parkir RSUP Dr Sardjito lantai 3 ini diperuntukkan bagi pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan kritis. 

“Pembangunan ruang ICU merupakan salah satu upaya optimalisasi layanan di masa pandemi mengingat positivity rate Covid-19 di DIY masih mencapai 53 persen dari populasi yang ada,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono melalui keterangannya, Sabtu (28/8).

Baca juga : PDIP Usulkan Layanan RSUD Kota Bekasi Jadi Tipe C

Ia menyampaikan, bahwa RSUP DIY membutuhkan minimal 200 tempat tidur ruang isolasi intensif bagi pasien Covid-19.

“Saat ini telah tersedia 150 ruangan sehingga diharapkan dengan adanya penambahan 65 ruangan lagi akan mampu memfasilitasi kebutuhan masyarakat DIY,” kata Basuki.

Basuki mengungkapkan, ruang isolasi ICU Gatotkaca 4 dibangun dengan konsep terintegrasi, terdiri dari 65 bed yang dilengkapi dengan pelayanan penunjang, seperti satelit farmasi, radiologi, laboratorium, gizi, dan ruang dekontaminasi. 

Baca juga : Wapres Ingatkan Pelaku UMKM Segera Lakukan Vaksin Covid-19

Sebanyak 62 bed akan digunakan sebagai ruang isolasi intensif, sedangkan 2 bed akan dipergunakan untuk ruang cuci darah pasien terkonfirmasi Covid-19 dan 1 bed untuk penempatan Extracorporeal Membrane Oxygenerator (EMCO) guna mendukung sementara fungsi paru-paru dan jantung pasien Covid-19 selama masa pemulihan. 

“Ruang isolasi ICU ini telah melalui tes kelayakan teknis, uji fungsi alat-alat, dan juga dilakukan training penggunaan gedung bagi SDM yang akan bertugas. Ruang intensif Covid-19 akan dipusatkan ke Ruang Gatotkaca 4 sehingga mutu, keselamatan dan efisiensi layanan akan terjaga,” pungkasnya. [MFA]


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.