Dark/Light Mode

Airlangga: Per 12 September, 72,9 Juta Penduduk Sudah Divaksin Dosis 1

Selasa, 14 September 2021 10:16 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: ist)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah mencatat 72,9 juta penduduk sudah divaksin dosis pertama per 12 September 2021. Jumlah tersebut 35,09 persen dari angka rata-rata nasional. 

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, untuk 27 provinsi di Luar Jawa-Bali, sebanyak 4 provinsi sudah mencapai target vaksinasi di atas rata-rata nasional. Yakni Kep. Riau, Sulawesi Utara, Jambi, dan Bangka Belitung. 

Berita Terkait : Jelang Dibuka, Ancol Wajibkan Pengunjung Tunjukan Sudah Vaksin

Sementara, untuk 23 Kabupaten/Kota PPKM Level 4 di Luar Jawa-Bali, terdapat 12 Kabupaten/Kota yang memiliki capaian vaksinasi di atas rata-rata nasional, dan 11 Kabupaten/Kota masih di bawah rata-rata nasional. Yaitu Kab. Aceh Tamiang, Kab. Aceh Besar, Kab. Bangka, Kota Padang, Kab. Mandailing Natal, Kab. Kotabaru, Kab. Kutai Kartanegara, Kota Tarakan, Kab. Poso, Kab. Bolaang Mongondow, dan Kota Kupang.

Airlangga mengatakan, vaksinasi masih perlu untuk terus didorong lajunya guna mengejar transisi dari Pandemi menjadi Endemi. Dia meminta, stok vaksin di daerah dihabiskan. Saat ini masih ada sekitar 41 juta dosis vaksin di seluruh daerah di Indonesia. 

Berita Terkait : Jokowi Targetkan, 70 Persen Penduduk Kelar Divaksin Akhir Tahun Ini

“Sesuai arahan Presiden agar segera digunakan untuk vaksinasi Dosis-1 terlebih dahulu. Distribusi vaksin ke depannya juga akan difokuskan kepada Provinsi dan Kabupaten/Kota yang capaian vaksinasinya masih di bawah 20 persen,” ujar Airlangga. [DIT]