Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jokowi Soal Rencana Sekolah Tatap Muka

Jika Sudah Divaksin, Silakan!

Jumat, 20 Agustus 2021 07:09 WIB
Presiden Jokowi meninjau vaksinasi Covid-19 untuk pelajar di SMPN 3 Mejayan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (19/8/2021). (Foto: Biro Pers)
Presiden Jokowi meninjau vaksinasi Covid-19 untuk pelajar di SMPN 3 Mejayan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (19/8/2021). (Foto: Biro Pers)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi membolehkan sekolah melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) jika seluruh siswa sudah divaksinasi Covid-19.

Hal itu dikatakan Jokowi saat meninjau vaksinasi Covid-19 untuk pelajar di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, kemarin.

Dia juga berbicara dengan sejumlah sekolah di beberapa provinsi melalui video conference.

Baca juga : Jokowi: Kalau Seluruh Pelajar Sudah Divaksin, Silakan Belajar Tatap Muka Terbatas

“Jadi, untuk semua pelajar di seluruh Tanah Air, kalau sudah divaksin silakan dilakukan langsung belajar tatap muka. Kan SKB sudah ada,” kata Jokowi.

Sebelumnya dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri, pemerintah menargetkan semua sekolah dapat kembali menggelar PTM pada Juli 2021. Saat itu, syaratnya proses vaksinasi terhadap guru dan tenaga kependidikan sudah rampung.

Namun, rencana tersebut batal terlaksana lantaran pada periode Juli hingga Agustus 2021, ada lonjakan kasus virus Corona.

Baca juga : Jokowi Puji Purnapaskibraka Jadi Duta Pancasila

Aturan terbaru, PTM terbatas dapat dilaksanakan pada satuan pendidikan di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1-3. Sementara, satuan pendidikan di wilayah PPKM Level 4 tetap melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Jokowi berharap, anak-anak dapat segera melaksanakan belajar tatap muka di sekolah. Tapi, mantan Wali Kota Solo itu lagi-lagi mewanti-wanti seluruh pihak, termasuk anak-anak, disiplin menjalani protokol kesehatan agar tidak terpapar virus Corona.

“Saya titip, pakai masker ini harus meski sudah divaksin, tetap, karena yang namanya virus Corona selalu bermutasi,” tegas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca juga : Tinjau Vaksinasi Bikers, Menpora Ingatkan Taat Prokes Meski Sudah Divaksin

Saat ini, sekolah masih harus melakukan pembelajaran jarak jauh. Anak-anak dimintanya untuk terus mengikuti pelajaran. “Kalau nanti sudah bisa tatap muka, pakai masker, jangan dilupakan,” pintanya.

Terpisah, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim memberikan izin PTM untuk wilayah yang menerapkan PPKM Level 1-3.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.