Dark/Light Mode

Tol Gringsing Selesai 100 Persen

Progres Pembangunan KIT Batang Terus Membaik

Selasa, 28 September 2021 23:21 WIB
Pintu Tol Gringsing (Foto: Danu Arifianto/Rakyat Merdeka)
Pintu Tol Gringsing (Foto: Danu Arifianto/Rakyat Merdeka)

 Sebelumnya 
Pembangunan jalan yang terbagi menjadi empat paket pekerjaan menelan biaya Rp 3,5 triliun, dengan progres fisik sudah mencapai 34,48 persen.

Dukungan bidang Sumber Daya Air, Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Ditjen SDA menyiapkan pembangunan Bendung Sungai Urang seluas 29,32 m3 dan Bendung Kedung Langgar seluas 142 hektar.

Baca juga : Persija Vs Persela Lamongan, Macan Kemayoran Pantang Menyerah

Pembangunan bendungan ini untuk memenuhi kebutuhan air baku serta penanganan drainase di 4 titik, yakni Sungai Mata Air sepanjang 400 meter, Sungai Brontok 770 meter, Sungai Pelabuhan 861 meter, dan Sungai Pesanggrahan 100 meter.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Jawa Tengah, Cakra Nagara mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan air bersih, pihaknya tengah melakukan tiga pekerjaan di KIT Batang.

Baca juga : 2 Pemain Asing Persipura Cedera, Pelatih Jacksen: Kita Tetap Harus Bangkit

Ketiga pekerjaan tersebut yakni Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST).

“Untuk mendukung KIT Batang kami membangun SPAM berkapasitas 285 liter/detik, IPAL berkapasitas 18.000 m3/hari dan TPST berkapasitas 35 ton/hari,” kata Cakra Nagara.

Baca juga : Kunker Ke Batu Hijau, Menteri ESDM Apresiasi Progres Pembangunan Smelter AMNT

Untuk bidang perumahan, saat ini juga tengah dibangun rusun bagi para pekerja. Rusun ini bertipe seperti barak dengan tinggi lima lantai, dan berjumlah 10 tower. Progres pembangunan fisik rusun ini sudah mencapai 13 persen, dan ditargetkan selesai pada April 2022. [DNU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.