Dark/Light Mode

Ada Pojok Indonesia Di Kazakhstan, Perpusnas Beri Dukungan Penuh

Rabu, 29 September 2021 21:19 WIB
Pojok Indonesia di Perpustakaan Akademik Nasional Republik Kazakhstan (Foto: Dok. Perpusnas)
Pojok Indonesia di Perpustakaan Akademik Nasional Republik Kazakhstan (Foto: Dok. Perpusnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) mendukung kehadiran Pojok Indonesia yang berada di Perpustakaan Akademik Nasional Republik Kazakhstan (RSI National Academic Library of Republic of Kazakhstan). Dukungan ini dilakukan untuk memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara sekaligus untuk memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat di Kazakhstan. 
 
Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando menyatakan, dukungan itu akan diberikan melalui penyediaan konten dan literatur tentang Indonesia, baik cetak maupun digital. "Kami siap menyediakan koleksi apa saja yang masih diperlukan untuk lebih memperkenalkan tentang Indonesia. Baik dari kekayaan sumber daya alam, kekayaan peradaban, maupun kebudayaan bangsa Indonesia," ungkapnya, dalam soft launching Pojok Indonesia di RSI National Academic Library of Republic of Kazakhstan yang diselenggarakan secara virtual, Rabu (29/9).
 
Syarif Bando mengatakan, adanya Pojok Indonesia dimaksudkan untuk memberikan pencerahan tentang berbagai topik yang berkaitan dengan negara, bahasa, dan budaya, serta pariwisata Indonesia yang diwakili dalam bentuk koleksi berupa bahan bacaan dan karya seni. "Kami percaya bahwa pertukaran budaya ini akan memberikan awal yang baik untuk generasi muda, dalam menjelajahi budaya, tradisi, bahasa, dalam menciptakan masyarakat dunia yang menyatu," lanjutnya.
 
Dia menjelaskan, hubungan Indonesia dan Kazakhstan mengalami penguatan, termasuk dalam bidang perpustakaan. Pada Desember 2020, dengan inisiasi Kedutaan Besar Republik Kazakhstan untuk Indonesia dan RSI National Academic Library of Republic of Kazakhstan, dilaksanakan peresmian Pojok Sastra Abai Qunanbayuly yang ditempatkan di Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas, Jakarta. Selanjutnya, pada April 2021, Perpusnas menjalin kerja sama atau MoU dengan Perpustakaan RSI National Academic Library of Republic of Kazakhstan.
 
"Kami berharap Pojok Indonesia di Kazakhstan akan menarik minat pengunjung yang kemudian akan lebih memperkenalkan tentang betapa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dengan segala peradaban yang telah diakui dunia beribu tahun lalu," jelasnya.
 
Dalam soft launching Pojok Indonesia, Perpusnas menyerahkan lukisan mengenai alam Walakili Coast, di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Danau Kalimutu Telaga Tigawarna di NTT.
 
Duta Besar Indonesia untuk Kazakhstan Rahmat Pramono menyambut baik peran Kepala Perpusnas yang secara aktif mendukung promosi hubungan bilateral Indonesia-Kazakhstan melalui kerja sama perpustakaan. Dia menyebut, Pojok Indonesia memiliki arti yang penting untuk membantu memperkenalkan dan menampilkan Indonesia dari berbagai aspek dan perspektif secara luas kepada publik di Kazakhstan. KBRI Nur-Sultan menyumbangkan sekira 140 buku dalam bahasa Inggris dan Indonesia yang ditulis oleh para penulis dari Indonesia dan berbagai negara.
 
“Koleksi-koleksi ini bukanlah koleksi Indonesia pertama yang hadir di Perpustakaan Akademik Nasional Republik Kazakhstan. Sejumlah koleksi Indonesia sebelumnya telah hadir sebagai bagian dari ASEAN Corner. Namun demikian, pada hari ini secara khusus Indonesia diberi tempat tersendiri untuk dapat menampilkan koleksi-koleksinya,” ungkapnya.
 
Kepala Departemen Kerja Sama Internasional Perpustakaan Akademik Nasional Republik Kazakhstan Elmira Salykova mengungkapkan, dalam dua tahun terakhir, kerja sama diplomatik antarnegara mengalami penguatan. Meskipun Indonesia dan Kazakhstan terpisah jarak hingga 7.000 kilometer, dia berharap pertukaran buku dapat mempersatukan, mengenal budaya satu sama lain, dan bekerja sama dengan lebih erat. “Kami menantikan pengembangan kerja sama lebih lanjut pada masa mendatang,” pungkasnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.