Dewan Pers

Dark/Light Mode

Sandi Beri Modal Bikin Perahu Wisata Ke Pemuda Desa Burai

Jumat, 1 Oktober 2021 23:22 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno disambut warga saat berkunjung ke Desa Burai, Sumatera Selatan, Jumat (1/10). (Foto: Kemenparekraf)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno disambut warga saat berkunjung ke Desa Burai, Sumatera Selatan, Jumat (1/10). (Foto: Kemenparekraf)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memberikan alat tulis ke anak-anak yang menyambut kedatangannya di perahu, saat mengunjungi Desa Burai, Sumatera Selatan, Jumat (1/10). Selain itu, Sandi juga memberi solusi bagi pemuda yang terdampak pandemi Covid-19 di desa tersebut.
 
Pemuda Desa Burai terlihat sangat senang dengan kedatangan Sandi. Mereka menyebut mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut sebagai seorang panutan pemuda. 
 
Kedatangan Sandi ke desa itu disambut nyanyian yang dilakukan sekumpulan anak-anak yang masih berusia 10 tahun. Sandi pun tampak menikmati sambutan itu. “Semoga ini bermanfaat ya buat belajar,” kata Sandi, sambil memberikan alat tulis kepada anak-anak tadi.
 
Sandi menerangkan, anak-anak tersebut menyanyikan lagu “Ayo Ke Burai”. Menurutnya, yang dilakukan anak-anak itu salah satu bentuk kecintaan dan pengenalan budaya sejak dini.
 
Setelah itu, Sandi langsung naik ke perahu wisata hasil gotong royong warga masyarakat dan pemuda desa yang modalnya didapat dari hasil retribusi mancing di area wisata Rp 10 ribu per tiket masuk. Hasil retribusi ini dikumpulkan selama setahun kemudian dibelanjakan untuk membeli bahan membuat perahu. Mereka bergotong royong membuat perahu untuk fasilitas wisata.
 
“Tadi Mas Darul, anggota Pokdarwis minta lagi fasilitas perahu sebagai sarana wisata yang ada di Desa Burai. Nanti akan kita kasih modal untuk membeli bahan membuat perahu, yang nantinya proses pembuatan perahunya harus dikerjakan gotong royong oleh pemuda-pemuda desa,” ujar Sandi. Dia berharap, penambahan perahu wisata juga bisa menambah kesadaran masyarakat akan potensi pariwisata di desa tersebut.
 
Darul mengucapkan terima kasih ke Sandi karena telah memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi para pemuda Desa Burai. Menurutnya, Sandi adalah seorang pemimpin yang bisa menjadi panutan bagi kaum muda masa kini. [USU]