Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jokowi Ingin Papua Youth Creative Hub Jadi Pusat Pengembangan Talenta

Sabtu, 2 Oktober 2021 18:25 WIB
Presiden Jokowi (tengah) seusai meletakan batu pertama pembangunan Papua Youth Creative Hub di Jayapura, pada Sabtu (2/10). (Foto: Instagram Sekretariat Kabinet)
Presiden Jokowi (tengah) seusai meletakan batu pertama pembangunan Papua Youth Creative Hub di Jayapura, pada Sabtu (2/10). (Foto: Instagram Sekretariat Kabinet)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meletakan batu pertama pembangunan Papua Youth Creative Hub di Jayapura, pada Sabtu (2/10). 

Diharapkan pembangunan Papua Youth Creative Hub yang menelan anggaran Rp 98 miliar ini dapat menjadi pusat pengembangan talenta anak anak Papua .

Dalam sambutannya, Presiden menyampaikan pembangunan Papua Youth Creative Hub merupakan tindaklanjut pertemuannya dengan pemuda-pemudi Papua di Istana Negara pada September 2019 lalu. 

Baca juga : Jejaring Panca Mandala Yogya Perkuat Pembinaan Ideologi Pancasila

Selanjutnya, Pemerintah Pusat mendukung pembangunan pusat kreativitas untuk memberikan porsi ruang yang lebih bagi pemuda Papua  dalam pengembangan teknologi, inovasi maupun produk-produk lokal Papua. 

"Banyak bibit unggul dengan talenta yang sangat baik di Papua dan Papua Barat, baik di bidang saint, seni budaya, maupun bidang olahraga, dan ini menjadi tugas besar kita semua untuk menyiapkan manajemen talenta yang baik untuk menata, di sinilah nanti peran Papua Youth Creative Hub," kata Presiden. 

Presiden berharap Papua Youth Creative Hub bisa menjadi motor penggerak, bisa menjadi pusat pengembangan talenta-talenta muda di Tanah Papua, serta sebagai pusat kreativitas anak-anak muda Papua dalam memperkuat ekosistem inovasi dan teknologi yang baik. 

Baca juga : Kalbar Buntuti Jakarta Di 5 Besar Penyumbang Kasus Baru

"Kita harapkan nanti di akhir 2022 sudah selesai dan lembaganya siap, sehingga kita harapkan dalam waktu cepat bisa segera dimanfaatkan untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Papua dan Papua Barat," tutur Presiden. 

Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Papua, Ditjen Cipta Karya mendukung pembangunan infrastruktur Papua Youth Creative Hub yang berada di Jalan Poros Abepura atau berjarak sekitar 11 km dari pusat Kota Jayapura. 

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Cornelis Sagrim mengatakan, Papua Youth Creative Hub dibangun di atas lahan seluas 15.000 m2 dengan luas bangunan utama 3.520 m2 dan bangunan penunjang 1.812 m2.

Baca juga : Buka Liga 2, Menpora Ingin Kompetisi Jadi Ajang Pembinaan Timnas

"Bangunan Papua Youth Creative Hub, di antaranya akan dilengkapi dengan ruang coworking space, ruang pameran, ruang teater untuk pengembangan seni dan budaya, ruang riset, kuliner space dan kesehatan. Nanti juga dilengkapi bangunan dormitory atau ruang asrama serta lahan parkir berkapasitas 53 mobil, 154 motor, dan lansekap," kata Cornelis. 

Anggaran pembangunan Papua Youth Creative Hub sekitar Rp 98 miliar yang bersumber dari APBN dengan masa pelaksanaan pekerjaan September 2021-Desember 2022. Saat ini, pembangunan Papua Youth Creative Hub sudah selesai lelang dengan kontraktor pelaksana PT Nindya Karya (Persero).

Acara groundbreaking dihadiri, Ketua DPR, Puan Maharani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Marsekal, Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal, Listyo Sigit Prabowo, Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan, dan Staf Khusus Presiden RI, Billy Mambrasar. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.